Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Bertemu Putin, Ketua Komisi I DPR Sebut Prinsip 'Good Neighbour Policy'

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai bentuk konsistensi Politik Luar Negeri Indonesia yang bebas aktif.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Prabowo Bertemu Putin, Ketua Komisi I DPR Sebut Prinsip 'Good Neighbour Policy'
Ist
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, memandang pertemuan antara presiden RI terpilih yang juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai bentuk konsistensi politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.

"Pertemuan antara Pak Prabowo dengan Presiden Rusia menunjukkan konsistensi politik luar negeri bebas aktif Indonesia. Kunjungan ke Rusia juga menunjukkan strategi good neighbour policy yang memprioritaskan menjaga hubungan baik dengan setiap negara serta memastikan kebijakan luar negeri Indonesia yang independen dan bebas campur tangan asing," kata Meutya Hafid dalam keterangannya, Kamis (1/8/2024).

Politisi Partai Golkar ini pun mendukung peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Rusia di berbagai bidang.

"Kerja sama Indonesia dengan Rusia di bidang pertahanan, ketahanan pangan, dan energi, sangat penting bagi kepentingan nasional Indonesia saat ini," ujarnya.

"Di bidang pertahanan, Pak Prabowo berencana memperkuat pertahanan Indonesia dengan melakukan alih teknologi dari Rusia. Kita tahu bersama TNI AU masih menggunakan pesawat jet tempur Sukhoi Su-27 dan Su-30, melalui alih teknologi dari Rusia, akan mengurangi ketergantungan alutsista dengan negara lain serta mewujudkan kemandirian industri pertahanan Indonesia di masa yang akan datang," lanjut Meutya Hafid.

Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang bertemu di Kremlin, Moskow, Rusia pada Rabu (31/7/2024).
Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang bertemu di Kremlin, Moskow, Rusia pada Rabu (31/7/2024). (YouTube Prabowo Subianto)

Sebelumnya Prabowo Subianto bertemu dengan Vladimir Putin dalam kunjungan kerjanya ke Moskow, Rusia (31/7/2024).

Pertemuan ini terasa berbeda karena Prabowo Subianto disambut hangat dengan standar penerimaan kepala negara.

BERITA TERKAIT

Prabowo dan Putin membahas peningkatan kerja sama Indonesia dan Rusia di berbagai bidang termasuk pertahanan, energi, pangan, infrastruktur, investasi hingga pertanian.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas