Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Megawati Diminta Kader PDIP Ikut Upacara HUT Ke-79 RI di Sekolah Partai Lenteng Agung

Megawati Soekarnoputri kemungkinan bakal menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Sekolah Partai PDIP.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Megawati Diminta Kader PDIP Ikut Upacara HUT Ke-79 RI di Sekolah Partai Lenteng Agung
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri kemungkinan bakal menghadiri upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan agenda tersebut menjawab kemungkinan Megawati akan memenuhi undangan pihak Istana Kepresidenan untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Hasto kader PDIP mengusulkan agar Megawati Soekarnoputri menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI di Lenteng Agung.

"Karena DPP PDI Perjuangan ini juga setiap 17 Agustus mengadakan upacara bendera sendiri. Kali ini juga ada permohonan dari kader-kader PDI Perjuangan agar Ibu Mega juga berkenan untuk hadir di Sekolah Partai, sehingga nanti Ibu Mega lah yang akan memutuskan," kata Hasto saat ditemui di sela-sela Pelatihan Tim Pemenangan Pilkada PDIP di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024).

Politilkus asal Yogyakarta ini menjelaskan, PDIP juga akan menggelar acara spesial untuk memeriahkan HUT ke-79 RI di Sekolah Partai.

Baca juga: Serba-serbi HUT ke-79 RI di IKN: Berbagai Transportasi Disiapkan, Megawati-SBY Dipesankan Hotel

Hasto mengatakan, PDIP memandang, perayaan kemerdekaan tahun ini sebagai momentum untuk mengangkat semangat nasionalisme yang diajarkan Presiden Pertama RI Ir Soekarno atau Bung Karno.

BERITA TERKAIT

"Karena di Sekolah Partai ini juga akan kami buat sesuatu yang istimewa sesuatu yang berbeda karena tantangannya sangat jelas saat ini," ujar Hasto.

Dia pun menambahkan, dengan adanya usulan agar Megawati hadir dalam upacara di Sekolah Partai, pihaknya pun menyiapkan acara sebaik mungkin.

Termasuk paduan suara dari Jawa Barat dan kelompok marching band, serta pertunjukan dari Satgas PDIP.

Baca juga: PDIP Buka Suara soal Kehadiran Megawati dalam Upacara HUT Ke-79 RI di IKN

Megawati sebelumnya disebut Hasto masih mempertimbangkan untuk menghadiri upacara HUT RI di IKN.

Hasto menuturkan, Megawati sudah menerima undangan dari Istana Kepresidenan yang diwakili Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai Menteri Sekretaris Kabinet," kata Hasto kemarin.

Namun, kata dia Megawati masih mempertimbangkan untuk memenuhi undangan tersebut.

"Sehingga undangan sudah diterima dan kemudian ditimbang-timbang," ucap Hasto.

Sebab, kata Hasto, 17 Agustus merupakan peristiwa yang sangat penting mengandung nilai-nilai patriotisme, serta memiliki hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan sejati.

"Sehingga Ibu Mega telah menerima undangan tersebut dan nanti tentu saja akan diharapkan, namanya undangan kan untuk dapat memenuhi undangan, tetapi kita juga melihat situasionalnya," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Megawati sedang berfokus pada persiapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan dikirim ke IKN.

"Sehingga tentang kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut tentu suatu kehormatan, sebagai presiden kelima, tetapi nanti itu akan disampaikan pada waktu yang tepat," ucap Hasto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas