Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Pansel Kompolnas Ungkap Citra Polri Sedang Tidak Baik-baik Saja

Menurut Sulistyo, meski Polri dinilai baik-baik saja jika dilihat dari dalam, namun berbanding terbalik dengan citra yang melekat pada institusi Bhaya

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Ketua Pansel Kompolnas Ungkap Citra Polri Sedang Tidak Baik-baik Saja
TRIBUNNEWS.COM/IRWAN RISMAWAN
Suasana Gedung Mabes Polri di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Hermawan Sulistyo bicara soal citra Polri di tengah proses seleksi badan pengawas kepolisian tersebut.

Menurut Sulistyo, citra Polri sedang tidak baik-baik saja sehingga masyarakat banyak berharap pada proses seleksi calon anggota Kompolnas ini.




"Kita semua tahu dalam beberapa waktu terakhir, bukan terakhir agak panjang sebetulnya polisi, Polri tidak baik-baik saja," kata Sulistyo di Gedung NTCC, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Menurut Sulistyo, meski Polri dinilai baik-baik saja jika dilihat dari dalam, namun berbanding terbalik dengan citra yang melekat pada institusi Bhayangkara tersebut.

Dengan begitu, perlu ada perbaikan, khususnya sisi Sumber Daya Manusia (SDM) Polri.

"Yang tidak baik itu image-nya, image yang tidak terlalu baik. Dan tugas ke depan ini sangat berat. Kenapa? Rekonstruksi image itu menyangkut kapasitas kemampuan Polri," jelasnya.

BERITA TERKAIT

"Personilnya terutama karena polisi itu hampir seluruhnya ditumpukkan pada kemampuan SDM nya bukan hanya perangkat," pungkasnya.

Baca juga: Eks Kabareskrim Duga Bukti Chat Kasus Vina Sengaja Direkayasa agar Terkesan Pembunuhan Berencana

Adapun dalam proses seleksi calon anggota Kompolnas, sebelumnya diberitakan, sebanyak 36 calon anggota Kompolnas menjalani tes assesmen di Gedung NTCC, Mabes Polri, Selasa (13/8/2024) hari ini.

Adapun dalam tes asesmen kali ini bertujuan untuk menggali nilai kompetensi serta integritas para peserta sebelum nantinya dinyatakan lolos dan mengikuti tes lanjutan dalam seleksi anggota Kompolnas.

Sementara itu Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Kompolnas, Hermawan Sulistyo menjelaskan bahwa tes asessmen ini akan dilakukan mulai hari ini 13 Agustus hingga Kamis 15 Agustus 2024.

"Jadi karena waktunya cukup panjang sehingga tidak memungkinkan untuk 36 orang dilakukan tes dalam satu hari," kata Hermawan di Gedung NTCC Mabes Polri, Selasa (13/8/2024).

Hermawan juga mengungkapkan, bahwa tes asessmen ini dilakukan agar penilaian terhadap para calon bisa lebih tepat sasaran.

Sekaligus kata dia asessmen tes ini juga sebagai penilaian puncak bagaimana Pansel mengukur daripada kemampuan para calon pimpinan Kompolnas tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas