Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

H-2 Jelang Sidang Tahunan MPR, Kompleks Parlemen Bersolek Ornamen Merah Putih dan Batik Nusantara

Dua hari menjelang Sidang Tahunan MPR Tahun 2024, pada Jumat (16/8/2024), Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, mulai "bersolek".

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in H-2 Jelang Sidang Tahunan MPR, Kompleks Parlemen Bersolek Ornamen Merah Putih dan Batik Nusantara
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Suasana di kawasan Kompleks Parlemen Senayan saat gladi kotor jelang Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024, pada Rabu (14/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua hari menjelang Sidang Tahunan MPR Tahun 2024, pada Jumat (16/8/2024), Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, mulai "bersolek".

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com, pada Rabu (14/8/2024), Kompleks Parlemen dipercantik dengan ornamen bertema Merah Putih.




Bendera Merah Putih panjang membentang mengelilingi Kompleks Parlemen, di depan pintu masuk yang berada di Jalan Gelora maupun pintu masuk di depan Jalan Gatot Subroto.

Beranjak ke dalam, nuansa merah putih dan batik nusantara, juga terasa di setiap sudut Gedung Parlemen. 

Termasuk, di Gedung Nusantara, tempat di mana Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato kenegaraannya.

Selain itu terdapat hiasan bunga, yang mempercantik pemandangan para tamu yang akan hadir di Kompleks Parlemen.

BERITA TERKAIT

"Untuk ornamennya tahun ini kami menggunakan batik nusantara dan ornamen-ornamen nusantara," kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sidang Tahunan MPR Digelar Bulan Ini, Siti Fauziah: Perlu Sinergi Antar Unit Kerja agar Acara Sukses

Agenda Sidang Tahunan

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, format Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 masih diselenggarakan bersamaan dengan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2024.

Format seperti ini diharapkan menjadi yang terakhir kali diterapkan. 

Sehingga pada MPR, DPR, dan DPD periode 2024-2029, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR bisa kembali dilaksanakan terpisah dengan Sidang Bersama DPR - DPD, sebagaimana dilakukan pada sebelum pandemi Covid-19

"Sesuai ketentuan Tata Tertib, kedepannya Sidang Tahunan MPR bisa fokus mendengarkan laporan tahunan kinerja lembaga Kepresidenan, MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK, dan KY, sebagaimana pernah dilakukan dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2004," kata Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan, dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2024, dirinya akan menyampaikan Pidato yang didalamnya membahas berbagai hal. 

Seperti pentingnya memaknai HUT ke-79 Indonesia secara filosofis, yuridis, dan penekanan pada fungsi Empat Pilar, serta apresiasi terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo - Wapres LH Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Suasana di kawasan Kompleks Parlemen Senayan saat gladi kotor jelang Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024, pada Rabu (14/8/2024).
Suasana di kawasan Kompleks Parlemen Senayan saat gladi kotor jelang Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024, pada Rabu (14/8/2024). (Tribunnews.com/Chaerul Umam)

Serta ucapan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2024, sekaligus harapan terhadap pemerintahan yang akan datang dan program unggulan pemerintahan periode 2024-2029.

"Pidato juga akan menyoroti peran Indonesia dalam menjaga stabilitas nasional melalui gagasan Pokok-Pokok Haluan Negara. Serta perwujudan pelaksanaan wewenang dan tugas MPR melalui kegiatan Silaturahmi Kebangsaan kepada para tokoh bangsa," ucapnya.

"Sekaligus pandangan terhadap berbagai isu aktual regional dan global seperti tantangan sektor pertanian, sempitnya lahan pertanian, mahalnya biaya produksi, tantangan bidang teknologi, ketimpangan digitalisasi, tantangan keamanan siber, peretasan data nasional, tantangan bidang energi dan transisi energi fosil ke energi terbarukan," imbuh Bamsoet.

Dalam Sidang Tahunan MPR RI nanti, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan nota keuangan RAPBN 2025.

Adapun Sidang Tahunan MPR 2024 adalah Sidang Tahunan MPR yang terakhir bagi MPR masa jabatan 2019-2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas