Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Basuki Patroli Sore Cek Kesiapan Terakhir Agustusan di IKN

Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadi Mulyono menyatakan, IKN siap 90 persen menggelar upacara kenegaraan HUT ke-79 RI.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
Editor: Sri Juliati
zoom-in Menteri Basuki Patroli Sore Cek Kesiapan Terakhir Agustusan di IKN
Tribunnews.com/Setya Krisna Sumarga
Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadi Mulyono berfoto bersama karyawan PT Pembangunan Perumahan yang mengerjakan proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Barat di kawasan Ibu Kota Negara. 

TRIBUNNEWS.COM, NUSANTARA - Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadi Mulyono menyatakan, IKN siap 90 persen menggelar upacara kenegaraan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Hal itu disampaikan saat "patroli sore" meninjau titik-titik pembangunan di kawasan inti pemerintahan di antara jalan Sumbu Kebangsaan Timur dan Barat, Jumat (16/8/2024) sekira pukul 18.00 WITA.

Di titik ini atau jalur ini, proyek pembangunan jalan dan trotoar serta taman menjadi tanggung jawab PT Pembangunan Perumahan (PP). Kehadiran Basuki disambut puluhan pegawai PT PP dan mereka berfoto bersama.

"Alhamdulillah sesuai harapan masyarakat, IKN siap 90 persen menyambut dan menggelar upacara besok, dan malam ini kita akan mengikuti renungan suci di Taman Kusuma Bangsa," kata Basuki.

Taman Kusuma Bangsa adalah Plasa besar yang berada di ketinggian bukit, menghadap ke kawasan Istana Presiden dipisahkan bangunan-bangunan Kementerian Koordinator (Kemenko).

Dari plaza Taman Kusuma Bangsa panorama di hadapan titik ini sangat menawan. Taman ini ditandai patung sayap berbahan baja karya Nyoman Nuarta, dan tiang bendera merah putih berukuran raksasa di tengah plaza.

Menteri PUPR mengatakan pekerjaan konstruksi libur total pada 17 Agustus 2024 dan akan dilanjutkan hari berikutnya seperti biasa.

BERITA TERKAIT

Bulan berikutnya atau September, OIKN akan melakukan ground breaking proyek tahap 8 untuk sektor investasi atau investor.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut investor yang akan ground breaking, tapi Basuki memastikan pekerjaan konstruksi akan terus melaju seperti sebelumnya.

Setelah dari patroli sore di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat, Plt KepalaOIKN melanjutkan kegiatan di lokasi lain.

Sementara siang hari bersamaan salat Jumat, Kepala Setpres dan Ketua Panitia Pelaksana HUt ke-79 RI Heru Budi memimpin doa dan potong tumpeng bersama perwakilan warga dan tokoh masyarakat Sepaku.

Baca juga: Ketua Asosiasi Museum Nilai IKN Wajib Hadirkan Kemuliaan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Turut mendampingi Kepala Staf Kodam VI/ Mulawarman Brigjen Bayu Permana. Salat Jumat dan doa digelar di Istana Garuda.

Heru menekankan doa dan dukungan masyarakat untuk kelancaran perayaan HUT ke-79 RI yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di IKN.

Ia juga mengajak semua pihak yang hadir untuk memohon kelancaran dan kesehatan dari Allah SWT agar upacara peringatan hari kemerdekaan esok hari dapat berlangsung dengan khidmat dan lancar.

"Maka dari itu, kami seluruh jajaran panitia HUT RI ke-79 memohon kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, rekan-rekan TNI-Polri, dan pemangku adat Pak Kyai, Pak Ustadz, dan seluruh rekan-rekan untuk memohon doa, agar esok hari keberlangsungan upacara ini bisa berlangsung dengan khidmat, dan kita memohon kesehatan, memohon kelancaran dari Allah SWT," lanjutnya.

Selepas doa bersama yang dipimpin Ustad Said, Kepala Setpres memotong tumpeng dan memberikan potongan tumpeng tersebut kepada perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI-Polri, hingga pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara.

Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman Brigjen TNI Bayu Permana menambahkan, doa bersama juga digelar di beberapa lokasi lainnya di IKN. Kegiatan juga dihadiri tokoh lintas agama.

"Kegiatan ini juga bukan satu agama Islam saja, tapi seluruh agama yang ada, kita berdoa lintas agama, baik itu di istana ini maupun di tempat-tempat hunian," katanya.

(Tribunnews.com/xna)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas