Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menengok Lagi Riwayat Reshuffle Kabinet Jokowi Tiap Rabu Pon atau Rabu Pahing

Jelang reshuffle kabinet Senin (19/8/2024) pagi, menarik mengingat lagi hari keramat Rabu Pon atau Rabu Pahing, tradisi Jokowi setiap kali reshuffle.

Penulis: Theresia Felisiani
zoom-in Menengok Lagi Riwayat Reshuffle Kabinet Jokowi Tiap Rabu Pon atau Rabu Pahing
Tangkapanlayar/YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat asal Kutai, bernama Kustin, saat menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-79. Jelang reshuffle kabinet Senin (19/8/2024) pagi ini, menarik mengingat lagi hari keramat Rabu Pon atau Rabu Pahing, tradisi Jokowi setiap kali lakukan reshuffle. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi memiliki tradisi dalam pemilihan hari untuk melakukan reshuffle terhadap kabinet yang dipimpinnya.

Jokowi kerap memilih hari Rabu Pon atau Rabu Wage untuk melakukan reshuffle kabinet.

Bahkan, Rabu Pon ataupun Rabu Wage merupakan hari 'keramat' bagi Jokowi ketika melihat kebiasaan mantan Wali Kota Solo itu melakukan reshuffle kabinet.

Berdasarkan catatan Tribunnews.com, Jokowi telah melakukan 11 kali reshuffle kabinetnya sejak pertama kali menjadi presiden pada tahun 2014 lalu.

Terakhir perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjadi pada Rabu Pon (21/2/2024).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisi pos Menteri Agraria dan Tata Ruang (Menteri ATR)/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto.

Sementara Hadi Tjahjanto mengisi pos Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang ditinggalkan Mahfud MD.

Baca juga: Kabar Reshuffle Pagi ini, Posisi Airlangga Hartarto Dipastikan Aman, Yasonna Laoly Siap Direshuffle

BERITA TERKAIT

Update terkini Jokowi direncanakan kembali melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Senin (19/8/2024) pukul 09.00 WIB.

Dari informasi yang beredar, lima menteri atau Kepala lembaga yang akan dirombak itu yakni:

1.Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan diganti politisi Partai Gerindra yang merupakan eks Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas.

2.Menteri ESDM Arifin Tasrif akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat Menteri Investasi atau Kepala BKPM.

Adapun jabatan Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang pada Pilpres lalu merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

3. Kepala Badan Pangan Nasional yang sebelumnya dijabat oleh Arief Prasetyo dikabarkan akan digantikan oleh Prof Rachmat Pambudi yang merupakan akademisi.

4. Presiden Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi Nasional yang merupakan lembaga baru. Jabatan tersebut akan diisi oleh Dadan Hindayana.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas