Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Teks Khutbah Jumat: Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani

Contoh teks khutbah Jumat yang berjudul Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani, dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada 23 Agustus 2024.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Contoh Teks Khutbah Jumat: Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani
Kolase Tribunnews.com/Canva
Contoh Khutbah Jumat - Inilah contoh teks khutbah Jumat yang berjudul "Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani". Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada 23 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut inilah contoh teks khutbah Jumat yang berjudul "Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani".

Dikutip dari laman kemenag.go.id, contoh teks khutbah Jumat ini ditulis oleh Hasin Abdullah.

Adapun contoh teks khutbah Jumat ini dapat dibacakan ketika khutbah salat Jumat pada 23 Agustus 2024.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi terkait ajaran bagaimana membentuk sosok pemimpin yang dapat diteladani.

Selengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman kemenag.go.id berikut ini:

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat: Pentingnya Takwa dan Akhlak Mulia

Contoh Teks Khutbah: Membentuk Sosok Pemimpin yang Diteladani

Khutbah Pertama

إِنَّ الْحَمْدَ لِلهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فلا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلا هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ.

أَمَّا بَعْدُ: أَيُّهَا الْخَاضِرُونَ اتَّقُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا عَسَى أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ ذُنُوبَكُمْ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

قال الله تعالى : أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحيم في أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُوْلَ وَأُولى الْأَمْرِ مِنكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ

خير وأحسن تأويلا.

Jamaah Jumat yang diridhai Allah,

Pada kesempatan khutbah kali ini, khatib akan menyampaikan tentang pentingnya membentuk sosok pemimpin yang dapat dijadikan teladan bagi orang lain. Sebagai umat Muslim, kita telah diberikan petunjuk dalam al-Quran dan Hadis Rasulullah saw. tentang sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.

BERITA TERKAIT

Allah Swt. berfirman dalam al-Quran, Surah al-Anbiya ayat 73:

"Kami menjadikan mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk atas perintah Kami dan Kami mewahyukan kepada mereka (perintah) berbuat kebaikan, menegakkan shalat, dan menunaikan zakat, serta hanya kepada Kami mereka menyembah.”

Ayat ini menunjukkan bahwa seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat memberikan petunjuk dan mengerjakan kebaikan serta senantiasa mempersembahkan ibadah kepada Allah Swt.

Allah Swt juga berfirman dalam surah al-Hujurat ayat 6:

"Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang yang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu kaum dengan kesalahan dan menjadi menyesal atas apa yang telah kamu perbuat."

Ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam memilih pemimpin, karena pemimpin yang tidak amanah dapat membawa dampak yang buruk bagi masyarakat. Oleh karena itu, kita harus memilih pemimpin yang memiliki sifat-sifat yang baik, seperti jujur, adil, amanah, dan berakhlak mulia.

Selain itu, dalam hadits Rasulullah saw, beliau bersabda:

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas