Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengusaha Skincare Lokal Ini Kuatkan Semangat Peduli Sesama, Beri Kejutan Umrah bagi Guru Ngaji

Shandy Purnamasari, founder brand skincare lokal, MS GLOW dan J99 Corp., berangkatkan seorang guru ngaji umrah lewat program #NazarKehamilan.

zoom-in Pengusaha Skincare Lokal Ini Kuatkan Semangat Peduli Sesama, Beri Kejutan Umrah bagi Guru Ngaji
Istimewa
Shandy Purnamasari, founder brand skincare lokal, MS GLOW dan J99 Corp., berangkatkan seorang guru ngaji umrah lewat program #NazarKehamilan. 

TRIBUNNEWS.COM - Setiap muslim pasti mendambakan bisa berangkat ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Meski demikian, banyak orang yang memilih melaksanakan umrah terlebih dahulu akibat keterbatasan kuota haji.

Sayangnya, cukup besarnya biaya yang diperlukan menjadi kendala umat muslim untuk melakukan ibadah tersebut. Hal ini pun membuat impian mengunjungi rumah Allah kerap kali hanya menjadi sebuah harapan.

Adalah Mustafa, seorang guru ngaji sederhana dan petani asal Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Madura yang juga memiliki impian mengunjungi tanah suci untuk melakukan ibadah haji ataupun umrah. Di usianya saat ini yang menginjak 49 tahun, 30 tahun lebih ia gunakan untuk mengabdi sebagai guru ngaji sekaligus penerus dari madrasah diniyah yang berada di samping tempat tinggalnya.




Madrasah ini dibangun oleh ayahnya pada tahun 1984 dengan dibantu swadaya oleh masyarakat sekitar. Kesan pertama dari madrasah maupun tempat tinggal Mustafa adalah kental akan kesederhanaan.

Hal ini terlihat dari rumah yang hanya beralaskan tanah dan bangunan yang masih belum rampung pembangunannnya. Hal unik yang ada di madrasah adalah ketika ada murid yang belajar mengaji, mereka masih menggunakan patahan ranting pohon untuk media bantu menunjuk huruf arab yang akan dibaca.

Setiap bulannya, santri yang belajar di madrasah tersebut membayar iuran sebesar Rp5.000,00 untuk kegiatan operasional madrasah. Tidak ada sistem gaji sebagai guru ngaji karena memang bisa dikatakan pekerjaan ini berdasarkan keikhlasan untuk pendidikan agama anak-anak.

Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, Mustafa biasanya menggarap lahan dua petak tanah peninggalan dari ayahnya yang biasa ditanami padi dan kacang tanah. Dari kegiatan bertani ini, biasanya Mustafa mendapatkan penghasilan sekitar Rp70.000,00 s/d Rp100.000,00 per bulannya.

BERITA TERKAIT

Mustafa mengungkapkan, “Sejak tahun 1990-an saya sudah mengabdikan diri untuk mengajar ngaji di madrasah. Tentunya ada juga guru-guru ngaji lain yang turut membantu. Namun demikian, sejak awal memegang tanggung jawab ini, saya selalu menanamkan niat di dalam hati bahwa apa yang saya lakukan untuk madrasah, yaitu mengajar di jalan Allah, adalah salah satu bentuk ibadah sehingga tidak terlalu mengharapkan imbalan duniawi. Hingga sekarang, di setiap waktu saya selalu meniatkan di dalam hati untuk selalu ikhlas, insya Allah rejeki akan selalu dicukupkan olehNya.”

Dalam kesederhanaan hidup bersama istri dan ketiga anaknya, Mustafa tidak memungkiri harapannya yang begitu besar untuk bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengunjungi tanah suci.

“Bisa pergi umrah menjadi mimpi saya sejak dulu. Namun saya juga menyadari dengan keadaan ekonomi keluarga saat ini, mimpi tersebut sepertinya mustahil. Setiap hari saya hanya bisa berdoa, memohon kepada Allah SWT agar suatu saat saya mendapatkan ijin dariNya untuk bisa pergi ke tanah suci, menjalankan ibadah umrah atau bahkan haji,” tambahnya.

Sebagai seorang muslim, Shandy Purnamasari, founder brand skincare lokal, MS GLOW dan J99 Corp., sangat menyadari bahwa tidak semua orang memiliki privilege untuk berkunjung dan melakukan ibadah ke tanah suci.

Hal ini pulalah yang menjadi latar belakang dirinya berjanji ingin memberangkatkan umrah saudara sesama muslim, khususnya yang belum mampu melakukannya karena keterbatasan ekonomi.

“Alhamdulillah atas ijin dan rejeki dari Allah SWT, selama ini saya dan keluarga mampu menjadikan ibadah umrah sebagai agenda rutin yang kami lakukan setiap tahunnya. Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang sangat saya syukuri karena tidak semua orang memiliki kesempatan seperti ini. Oleh karena itu, setiap kali saya mendapatkan limpahan rejeki dari Allah SWT, saya selalu berharap bisa membaginya bersama dengan saudara-saudara yang membutuhkan. Dan untuk saudara-saudara sesama muslim, saya selalu berharap bisa memenuhi harapan mereka untuk bisa mengunjungi tanah suci,” ungkap Shandy.

Ia pun melanjutkan, “Alhamdulillah tahun ini saya, Mas Gilang (red. suami), dan kedua putri kami mendapatkan hadiah yang begitu istimewa dari Allah SWT dimana anggota keluarga kami akan bertambah. Sejak beberapa waktu lalu, saya dan suami memang melakukan program kehamilan untuk mendapatkan anak laki-laki. Di awal program ini berjalan, kami berjanji jika Allah mengabulkan ikhtiar kami, maka kami akan memberangkatkan umrah saudara-saudara muslim yang beruntung. Inilah yang akhirnya menjadi latar belakang #NazarKehamilan saya dan suami.”

Melalui #NazarKehamilan ini, Mustafa pun menjadi orang pertama yang telah terpilih untuk diberangkatkan umrah ke tanah suci. Rencananya, ia akan berangkat ke tanah suci di akhir tahun 2024 bersama dengan beberapa pemenang umrah lainnya yang saat ini masih dalam tahap pencarian.

Pemberian hadiah atau reward berupa umrah telah menjadi hal rutin dari Shandy dan MS GLOW yang menjadi salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. di bidang industri kecantikan. Setiap kali ada program atau kegiatan yang melibatkan para mitra, karyawan, maupun masyarakat umum, Shandy bersama MS GLOW tidak pernah ketinggalan untuk menyertakan reward berupa ibadah umrah.

“Memberikan hadiah umrah telah menjadi salah satu kebahagiaan dalam hidup saya. Alhamdulillah setiap tahunnya, bersama dengan MS GLOW, kami bisa memberangkatkan umrah banyak mitra seller, karyawan-karyawan yang berprestasi, hingga masyarakat umum yang memang layak mendapatkannya. Buat kami di MS GLOW, hal ini bukan sekedar memberikan hadiah semata, namun juga bentuk tanggung jawab sosial kami kepada umat muslim dimana banyak dari mereka yang sangat mendambakan kesempatan untuk bisa beribadah ke tanah suci dan mendekatkan diri kepadaNya. Saya dan suami sebagai bagian dari keluarga besar MS GLOW, tentunya secara tidak langsung juga membawa #NazarKehamilan kami ini sebagai bagian dari MS GLOW, dimana anggota keluarga besar lainnya di sini juga turut berbahagia dan bersyukur atas karunia Allah SWT yang saat ini tengah saya dan suami rasakan. Semoga melalui #NazarKehamilan ini, saya dan suami, juga keluarga besar MS GLOW lainnya bisa menyebarkan kebahagiaan dan kebermanfaatan kepada saudara-saudara muslim di luar sana,” tutup Shandy.

Baca juga: Ini Waktu Tepat Umrah untuk Jemaah Haji Lansia, Kesehatan Fisik Harus Dijaga

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas