Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Dideklarasikan hingga Sekarang, PDIP Batal Usung Anies di Pilkada Jakarta 2024?

Belum mengumumkan calonnya, politikus PDIP menyebut soal Anies diusung oleh PDIP untuk maju Pilkada Jakarta masih sekadar isu.

Penulis: tribunsolo
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Belum Dideklarasikan hingga Sekarang, PDIP Batal Usung Anies di Pilkada Jakarta 2024?
Kolase Tribunnews/Ist
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) serta mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur Banten Rano Karno. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitulu menanggapi adanya rumor yang mengatakan partainya akan mengusung Anies Baswedan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Adian menyatakan bahwa hingga saat ini PDIP masih belum mengumumkan siapa yang akan diusungnya untuk jadi calon gubernur (cagub).

Menurutnya, informasi mengenai PDIP yang akan mencalonkan Anies dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta masih sekadar isu.

"Kalau soal Anies dan sebagainya tadi, itu kan isunya ya. Nah, maksudnya kita jangan bicara isu, tapi faktanya sekarang adalah DPP PDI Perjuangan belum memutuskan untuk Jakarta," ujar Adian dikutip dari tayangan YouTube Kompas TV, Selasa (27/8/2024).

Adapun kunjungan Anies ke Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP disebutnya sebagai silaturahmi dan ia tidak berhak untuk melarang orang yang ingin bersilaturahmi

"Tapi apakah itu kemudian karena kita belum memberikan keputusan, kita melarang orang untuk bersilaturahmi ke kantor partai kita? ya enggak boleh. Siapa pun mau datang boleh, berdiskusi boleh, berbicara boleh," tuturnya.

Lebih lanjut, Adian menyatakan bahwa elektabilitas bukan menjadi poin utama untuk mengusung calon kepala daerah.

BERITA TERKAIT

Ia menyebutkan PDIP lebih tertarik mengusung calon kepala daerah dengan melihat gagasan yang dimiliki seseorang ketika menjadi pemimpin daerah.

Sebagai contohnya, bagaimana gagasan orang tersebut dalam mengelola uang untuk pendidikan, Kesehatan, hingga pekerjaan.

"Ada sekian juta rakyat di Jakarta ini, gimana gagasan lu? Nah, PDI Perjuangan lebih suka bicara soal itu. Sekarang ini problemnya adalah masalah-masalah yang penting buat kehidupan rakyat, pertanggung jawaban anggaran, dan sebagainya," kata politikus PDIP tersebut.

"Sering kali kita tidak bicarakan, yang kita hitung cuma angka survei. Nah, kita enggak mau, kita akan ngobrol dengan siapa pun yang datang ke mari, kepala daerah mana pun datang ke mari, kita bicara," sambungnya.

Baca juga: Anies Baswedan Belum Pasti ke KPU DKI Jakarta untuk Daftar Cagub Hari Ini

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan bahwa PDIP belum mengusung Anies secara resmi seperti apa yang dirumorkan.

Hal ini disampaikannya lantaran sampai sekarang partainya masih belum mengonfirmasi siapa pasangan cagub yang akan ikut kontestasi di Pilkada Jakarta.

Djarot mengatakan PDIP masih menunggu keputusan dari Megawati Soekarno Putri yang menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) PDIP.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas