Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

60 Uskup Dunia Bakal Hadir saat Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia

Pada hari kedua kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus akan memimpin misa kudus akbar. Ada dua stadion yang akan digunakan pada misa kudus ini

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in 60 Uskup Dunia Bakal Hadir saat Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia
AFP/TIZIANA FABI
Paus Fransiskus mengendarai kendaraan terbuka untuk menyambut umat beriman di Stadion Lokomotiva di Kosice, Slovakia, pada 14 September 2021, selama kunjungan empat harinya di Slovakia. - Paus sedang dalam kunjungan empat hari di Slovakia. AFP/Tiziana FABI 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 60 Uskup dari Indonesia dan sejumlah negara bakal hadir dalam kunjungan Paus Fransiskus pada 3-6 September 2024 mendatang di Jakarta.

Adapun hal itu diungkapkan Uskup Agung Jakarta, Igantius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dalam konferensi pers jelang kedatangan Paus Fransiskus di Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).




"Jadi, Uskup yang akan hadir itu jumlahnya sekitar 60 orang. Sebanyak 2 orang Kardinal dari Vatikan, 3 Uskup dari Vatikan, 10 Uskup dari Asia, 1 Uskup dari Australia dan 44 Uskup dari Indonesia," kata Romo Suharyo.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Pada hari pertama kedatangan di Indonesia atau pada 4 September 2024, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta.

Baca juga: Profil Hasan Basri, Dipecat dari Tenaga Ahli Kemenag karena Maju sebagai Wagub Sumut tanpa Izin

Pada hari kedua kunjungannya ke Indonesia, Paus Fransiskus akan memimpin misa kudus akbar.

BERITA TERKAIT

Ada dua stadion yang akan digunakan pada misa kudus ini, yakni Stadion Utama dan Stadion Madya.

Stadion utama bakal memuat sekitar enam puluh ribu umat. Sementara, stadion madya bakal memuat sekitar 26 ribu umat Katolik, sehingga total akan dihadiri oleh 86 ribu umat Katolik.

Uskup Agung Jakarta, Igantius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo saat memberi keterangan pers jelang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024).
Uskup Agung Jakarta, Igantius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo saat memberi keterangan pers jelang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, di Gedung Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024). (Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan)

Prosesi misa direncanakan berjalan selama satu setengah jam.

Kemudian ada pembagi komuni untuk perjamuan. Pembagi komuni di Stadion Utama pastornya sebanyak 470 orang, di Stadion Madya sebanyak 232 orang.

Selanjutnya, Paus Fransiskus bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini pada 6 September 2024 sekitar pukul 9.45 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas