Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ridwan Kamil Siapkan Program Ini Jika Para Pejabat Pemerintah Pusat Pindah ke IKN

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyiapkan sejumlah program jika nantinya dia dan pasangannya, Suswono, menang di Pilkada Jakarta 2024.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ridwan Kamil Siapkan Program Ini Jika Para Pejabat Pemerintah Pusat Pindah ke IKN
Tribunnews/Igman Ibrahim
Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil menyiapkan sejumlah program jika nantinya dia dan pasangannya, Suswono, menang di Pilkada Jakarta 2024.

Satu diantaranya yang akan jadi program utama dia adalah memikirkan nasib bangunan pemerintahan di Jakarta seusai ditinggalkan para pejabat dan pegawai kementerian yang pindah ke IKN. Dia kini sedang menyiapkan solusi mengenai masalah tersebut.




"Slogan kita adalah Jakarta baru karena tahun Ini Jakarta bukan lagi ibukota kemudian menuju Jakarta maju jadi ada hal-hal baru yang akan menjadi pokok pikiran semisal kan banyak bangunan di Jakarta ditinggalkan ke IKN ini solusinya seperti apa," kata Ridwan di Hotel Max One, Kramat, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Pihaknya juga akan menyelesaikan masalah klasik yang masih terjadi di Jakarta. Yakni, masalah polusi udara hingga banjir yang belum kunjung selesai.

"Permasalahan klasik, polusi, banjir juga akan kita carikan solusinya termasuk gagasan-gagasan baru yang akan bagaimana membuat kawasan baru di utara kita sambil menangani banjir juga hal-hal inovatif yang kita siapkan," jelasnya.

Ridwan Kamil juga akan menyelesaikan masalah anggaran RW. Dia pun sedang menyiapkan solusi yang komprehensif. "Jadi mulai hal-hal desentralisasi RW anggaran buat RW misalkan itu juga menjadi bagian dari solusi-solusi yang komprehensif," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Ridwan Kamil dan Suswono sebelumnya sudah resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada Jakarta 2024, Rabu (28/8/2024) dan mengusung slogan Jakarta Baru.

"Slogan kami adalah Jakarta Baru karena Jakarta sudah tidak lagi sebagai ibu kota Indonesia sehingga membutuhkan imajinasi baru, membutuhkan definisi baru, kota ini yang luar biasa sebagai pusat Indonesia akan dibawa ke mana dengan cara apa," ucap RK di KPU Jakarta, Rabu.

Dia dan Suswono akan mendefinisikan slogan yang mereka bawa dengan partisipatif. 

Baca juga: Resmi Daftar Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil: Slogan Kami adalah Jakarta Baru

"Kami akan mendefinisikan Jakarta Baru ini dengan partisipatif. Semua yang mencintai Jakarta, kami ingin dengar aspirasinya untuk dijadikan sama-sama sebuah rencana cetak biru masa depan Jakarta."

"Dari Jakarta Baru menuju Jakarta Maju. Kira-kira begitu, ya," terangnya.

Ridwan Kamil juga menegaskan dia dan pasangannya akan mengusung RIDO sebagai singkatan nama keduanya agar mudah dikenali calon pemilih.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono saat berjalan menuju Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024). Pasangan Ridwan Kamil dan Suswono mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub DKI Jakarta 2024 dengan dukungan dari Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebanyak 15 partai politik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono saat berjalan menuju Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024). Pasangan Ridwan Kamil dan Suswono mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub DKI Jakarta 2024 dengan dukungan dari Partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebanyak 15 partai politik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Menurutnya, nama RIDO semata-mata dipilih karena mengharap ridho Allah Swt. dalam mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta ini. "Nama pasangan kami adalah RIDO singkatan dari Ridwan-Suswono bukan RAWON, mohon izin," ujarnya.

"Semata-mata kami sangat berharap ada ridho Allah Swt. dalam niat baik kami membangun bangsa ini melalui demokrasi dan kerja-kerja untuk kemajuan Indonesia dan khususnya Jakarta," imbuhnya.

Dia berharap proses administrasi pendaftaran Pilkada Jakarta bisa berjalan lancar.

Baca juga: Ridwan Kamil-Suswono Susul Pramono Anung-Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta 2024

"Kurang lebih mungkin sekitar tiga pasang sehingga rakyat Jakarta, alhamdulillah, disuguhi oleh gagasan-gagasan yang solutif selama lima tahun ke depan yang cocok dengan warga Jakarta," ungkapnya.

Pasangan ini didukung oleh 13 partai politik di antaranya Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN, PSI, PBB, Gelora, Garuda, PKS, PKB, PPP, Perindo, dan NasDem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas