Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PBNU, Muhammadiyah, dan MUI Tak Masalah Azan TV Diganti Running Text saat Misa Paus Fransiskus

PBNU hingga MUI tak mempermasalahkan soal imbauan Kemenag terkait azan di stasiun televisi diganti running text saat misa Paus Fransiskus.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in PBNU, Muhammadiyah, dan MUI Tak Masalah Azan TV Diganti Running Text saat Misa Paus Fransiskus
AFP/WILLY KURNIAWAN
Paus Fransiskus dan Presiden Indonesia Joko Widodo (tidak terlihat) menghadiri pertemuan dengan otoritas Indonesia, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Istana Kepresidenan di Jakarta pada tanggal 4 September 2024. (Photo by WILLY KURNIAWAN / POOL / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Beredar surat imbauan dari Kementerian Agama (Kemenag) ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan nomor surat B6/DJ.V/BA.03/09/2024 tertanggal 1 September yang berisi permintaan agar azan Maghrib disiarkan lewat teks berjalan atau running text.

Adapun surat itu terbit karena bersamaan dengan ibadah Misa Agung yang dipimpin langsung oleh pemimpin tertinggu umat Katolik, Paus Fransiskus yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Kamis (5/9/2024) pukul 17.00-19.00 WIB.

"Kementerian Agama menyarankan agar Misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus pada tanggal 5 September 2024 pada pukul 17.00 s.d. 19.00 WIB disiarkan secara langsung dengan tidak terputus pada seluruh siaran nasional," demikian bunyi salah satu poin dari Ditjen Bimas Islam dan Katolik Kemenag.




"Sehubungan dengan hal tersebut, mohon kiranya penyiaran azan Magrib dapat dilakukan dengan running text," bunyi poin lainnya.

Terkait imbauan ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) buka suara.

PBNU Dukung Imbauan Kemenag

Ketua PBNU, Ulil Abshar Abdalla menyampaikan dukungannya terhadap imbauan Kemenag yang meminta kepada stasiun televisi tidak menyiarkan azan dan menggantinya dengan running text saat disiarkannya Misa Agung Paus Fransiskus.

"Saya juga mendukung anjuran Kementerian Agama kepada stasiun televisi untuk menyiarkan azan secara suara, secara audio seperti lazim yang kita saksikan setiap hari di televisi kita," kata Ulil pada Kamis (4/9/2024).

BERITA TERKAIT

Dia menilai imbauan tersebut adalah wujud penghormatan kepada umat Katolik yang bakal meelakukan ibadah bersama Paus Fransiskus.

Tak cuma itu, Ulil juga mendukung digelarnya Misa Agung Katolik di Stadion GBK.

"Saya menghargai kebijakan Kemenag, dalam hal ini Bimas Islam dan Bimas Katolik," jelasnya.

Baca juga: Paus Fransiskus Sapa Prabowo: Salam Hangat kepada Presiden Terpilih

Selain itu, Ulil mengatakan imbauan Kemenag itu wujud penghargaan terhadap umat Katolik dan sejalan dengan pernyataan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas yang menegaskan bahwa Kemenag bukan hanya milik umat Islam, tapi juga umat Katolik.

Muhammadiyah Sebut Imbauan Kemenag Wujud Toleransi

Senada, Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah turut mendukung imbauan Kemenag tersebut.

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Anderyan Noor mengungkapkan imbauan tersebut menjadi wujud toleransi kepada umat Katolik yang tengah melakukan Misa.

"Setuju azan di TV diganti dengan running text demi menghormati saudara-saudara kita yang sedang Misa," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas