Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penerjemah yang Selalu di Sisi Paus Fransiskus Ternyata Pastor Markus Solo Asal Flores Timur

Mengenal lebih jauh pastor Markus Solo Kewuta SVD, pendamping dan penterjemah yang selalu dampingi Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Penulis: Theresia Felisiani
zoom-in Penerjemah yang Selalu di Sisi Paus Fransiskus Ternyata Pastor Markus Solo Asal Flores Timur
(Photo by Achmad Ibrahim / POOL / AFP/KompasTV/Tribunnews
Kolase foto Paus Fransiskus (kiri), pastor Markus Solo Kewuta SVD (tengah) bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) di Istana Kepresidenan Jakarta pada 4 September 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keberadaan pria berjubah putih dengan kancing hitam ditambah sabuk senada warna hitam yang selalu berada di samping Paus Fransiskus turut jadi perhatian.

Saat Paus Fransiskus tiba di Indonesia (3/9/24), semua mata tidak saja tertuju ke Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik di dunia tersebut tapi juga ke imam yang kerap berbisik-bisik ke telinga Paus.

Terlebih ketika imam ini duduk bertiga di antara Paus Fransiskus dan Presiden Jokowi saat acara kenegaraan di Istana Merdeka.




Imam tersebut bernama Markus Solo Kewuta, SVD.

Di lingkungan Tahta Suci Vatikan dan paroki tempatnya berkarya, Romo Markus Solo Kewuta lebih dikenal dengan panggilan Padre Marco.

Pastor Markus Solo Kewuta SVD Selalu Dampingi Paus Fransiskus

Markus Solo Kewuta SVD, Imam Katolik asal Flores Timur, NTT ini adalah imam pendamping Paus Fransiskus sebagai penerjemah bahasa untuk Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Kemunculan Anggota Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Takhta Suci Vatikan, Pastor Markus Solo Kewuta, SVD mulai mencuri perhatian saat mendamping Paus Fransiskus tiba di Indonesia, Selasa, 3 September 2024

BERITA TERKAIT

Tampak saat Paus Fransiskus di bandara, Pater Markus berdiri di samping pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia ini.

Ia menunduk dan berbincang dengan Paus Fransiskus saat dua anak Indonesia menyerahkan buket bunga kepada Paus.

Paus Fransiskus (tengah, di kursi roda) disambut saat kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno?Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia-Pasifik akan menjadi masa kepausan terlama yang dijalani Paus berusia 87 tahun itu, menurut seorang reporter AFP yang bepergian bersamanya. (BAY ISMOYO / AFP)
Paus Fransiskus (tengah, di kursi roda) disambut saat kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno?Hatta di Jakarta pada 3 September 2024. - Paus Fransiskus tiba di Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim pada 3 September untuk perhentian pertama tur empat negara di Asia-Pasifik akan menjadi masa kepausan terlama yang dijalani Paus berusia 87 tahun itu, menurut seorang reporter AFP yang bepergian bersamanya. (BAY ISMOYO / AFP) (AFP/BAY ISMOYO)

Sebelumnya Jadi Penterjemah saat Megawati Soekarnoputri Audiensi dengan Paus Fransiskus di Vatikan

Sebelumnya, Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama rombongan melakukan audensi dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik, Vatikan, Senin, 18 Desember 2023 lalu.

Dalam pertemuan itu, Pater Markus Solo Kewuta, SVD menjadi penerjemah bahasa selama pertemuan Paus Fransiskus dengan Megawati.

Profil Romo Markus Solo Kewuta, SVD

Romo Markus Solo Kewuta, SVD adalah pastor katolik yang saat ini menjadi angggota Kuria Tahta Suci Vatikan di Roma.

Imam SVD (Serikat Sabda Allah) ini merupakan kelahiran Lewouran, Kabupaten Flores Timur, NTT, 4 Agustus 1968.

Di lingkungan Tahta Suci Vatikan dan paroki tempatnya berkarya, Pater Markus Solo Kewuta lebih dikenal dengan panggilan Padre Marco.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas