Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pembangunan IKN Memakan Waktu 10-20 Tahun, Jokowi Sebut Prabowo Akan Percepat

Presiden Jokowi menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Pembangunan IKN Memakan Waktu 10-20 Tahun, Jokowi Sebut Prabowo Akan Percepat
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Presiden RI terpilih periode 2024-2029 yang juga Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto menghadiri sidang kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Presiden Jokowi menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, memakan waktu 10-20 tahun.

Meski begitu, Jokowi menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mempercepat pembangunan IKN.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada para pejabat TNI/Polri di Istana Negara, IKN, Kamis (12/9/2024).




"Saya melihat yang hadir di sini wajahnya cerah semuanya. Selamat datang di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," ujar Jokowi.

Awalnya, mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan alasan pemberian arahan kepada TNI/Polri digelar di IKN.

Menurutnya, tiga minggu lalu, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keinginan kepadanya untuk memberikan arahan kepada para pejabat TNI/Polri di IKN.

Pasalnya, Panglima dan Kapolri menyebut, banyak pejabat setingkat Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, dan Kapolres yang belum mengetahui bagaimana progres pembangunan IKN.

BERITA TERKAIT

"Saya sampaikan, saya tanya di Jakarta? Ndak, Pak, kalau bisa di IKN. Kenapa harus di IKN? Karena banyak yang belum tahu, Pak, IKN."

"Hanya lihat di TV, lihat di YouTube, lihat di video, tapi pengen lihat aslinya seperti apa," kata Jokowi menceritakan dialognya dengan Panglima TNI dan Kapolri.

Jokowi kemudian mengingatkan bahwa pembangunan IKN belum jadi.

Pembangunan ibu kota baru Indonesia itu bisa memakan waktu 10 sampai 20 tahun.

Baca juga: Ingatkan TNI-Polri Tidak Terlibat Perjudian, Narkoba, Pelecehan, Jokowi: Hal Sepele Bisa Jadi Besar

Meski begitu, Jokowi menyebut Prabowo Subianto bertekad untuk mempercepat pembangunan IKN.

"Sebentar, IKN ini belum jadi, masih dalam proses pembangunan. Mungkin bisa memakan waktu 10 tahun, 15 tahun, dan bahkan 20 tahun."

"Meskipun saya meyakini Bapak Presiden terpilih (Prabowo Subianto) pernah menyampaikan kepada saya, 'Akan saya percepat, Pak'," ucapnya menirukan apa yang pernah disampaikan Prabowo.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas