Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cara Menulis Alasan Sanggah bagi Pelamar TMS Seleksi Administrasi CPNS 2024 dan Contoh Kalimatnya

Simak cara menulis alasan sanggah yang benar bagi pelamar CPNS 2024 yang tak lolos seleksi administrasi, lengkap dengan contoh kalimat sanggah.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Cara Menulis Alasan Sanggah bagi Pelamar TMS Seleksi Administrasi CPNS 2024 dan Contoh Kalimatnya
Buku Petunjuk Pendaftaran Calon ASN 2024
Simak cara menulis alasan sanggah yang benar bagi pelamar CPNS 2024 yang tak lolos seleksi administrasi, lengkap dengan contoh kalimat sanggah. 

TRIBUNNEWS.COM - Hasil seleksi administrasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, mulai diumumkan.

Pelamar yang berkasnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga tak lolos seleksi administrasi CPNS 2024 berhak mengajukan sanggahan.

Masa sanggah dalam seleksi CPNS 2024 berlangsung 3 hari, mulai 20-22 September 2024. Sementara pengumuman hasil sanggah diumumkan pada 23-29 September 2024.

Cara Menulis Alasan Sanggah yang Benar




Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus tentang bagaimana cara menulis alasan sanggah yang benar.

Hanya saja, pelamar perlu memakai bahasa yang baik dan sopan saat menulis alasan sanggah terhadap hasil seleksi administrasi 2024.

Selain itu, penyusunan kalimat sanggah harus sesuai dengan alasan mengapa pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat atau tidak lolos seleksi administrasi.

Misal telah melampirkan KTP yang sesuai dengan persyaratan, tapi instansi menyatakan KTP tersebut tidak sesuai.

BERITA TERKAIT

Alasan Sanggah yang pelamar tulis juga harus benar, realistis, tidak mengada-ngada, dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya.

Jika pelamar sudah menyadari kesalahan, maka tidak disarankan untuk menggunakan fitur ini, karena tidak akan mengubah hasil verifikasi.

Alasan sanggah juga harus sesuai dengan dokumen sebenarnya.

Apabila ternyata isian yang dibuat pelamar tidak sesuai dengan dokumen, maka pelamar bersedia menanggung akibat hukuman yang ditimbulkannya.

Baca juga: Cara Mengajukan Sanggah bagi Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi dan Menulis Alasan Sanggah

Contoh Kalimat Sanggah yang Benar

Merangkum dari berbagai sumber, inilah contoh kalimat alasan sanggah yang benar:

1. Alasan TMS: Kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan persyaratan instansi

Contoh kalimat sanggah: Terima kasih kepada pihak verifikator yang telah memeriksa lamaran saya. Namun, saya merasa ada kesalahan dari pihak verifikator. Saya melamar untuk posisi [nama posisi yang dilamar] yang mengharuskan pelamar memiliki kualifikasi pendidikan adalah S-X. Setelah saya periksa kembali, kualifikasi pendidikan saya sesuai dengan persyaratan posisi tersebut. Untuk itu, saya mohon agar dicek kembali. Terima kasih.

2. Alasan TMS: Kartu Tanda Kependudukan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Contoh kalimat sanggah: Saya menghormati hasil seleksi administrasi. Namun dengan hormat, saya ingin menyatakan bahwa KTP yang saya unggah merupakan dokumen asli dan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Mohon untuk dicek kembali. Terima kasih.

3. Alasan TMS: Melampaui batas usia yang disyaratkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas