Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MAKI Apresiasi Kaesang Datang ke KPK Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi: Bisa Jadi Teladan

MAKI mengapresiasi kedatangan Kaesang ke KPK untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya. Ini bisa menjadi teladan.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in MAKI Apresiasi Kaesang Datang ke KPK Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi: Bisa Jadi Teladan
Tribunnews.com/ Ashri Fadilla
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. -- MAKI mengapresiasi kedatangan Kaesang ke KPK untuk mengklarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya. Ini bisa menjadi teladan. 

TRIBUNNEWS.COM - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman mengapresiasi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang akhirnya datang ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengklarifikasi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya.

Boyamin menilai langkah Kaesang ini akan memudahkan KPK untuk mengusut dan menuntaskan kasus ini.

"Apapun saya menyampaikan apresiasi atas kedatangan Kaesang ke KPK dan ini akan memudahkan semuanya, termasuk memudahkan KPK untuk mendalami dugaan gratifikasi," ujarnya kepada Tribunnews.com, Selasa (17/9/2024).




"Dan nanti KPK saya harap segera menuntaskan ini apakah bentuk ini (penggunaan jet pribadi oleh Kaesang) gratifikasi atau sebaliknya," sambung Boyamin.

Boyamin menganggap kedatangan Kaesang ke Gedung KPK bisa menjadi teladan bagi pejabat maupun keluarga pejabat jika menerima fasilitas apapun dari pihak lain.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kaesang yang bersedia datang dan ini bisa menjadi teladan dan contoh bagi pejabat atau keluarga pejabat yang menerima fasilitas apapun, itu melaporkan kepada KPK," katanya.

Lebih lanjut, Boyamin berharap KPK memutuskan agar Kaesang memang menerima gratifikasi dan meminta yang bersangkutan mengembalikan sejumlah uang kepada lembaga antirasuah sejumlah biaya sewa jet pribadi.

BERITA TERKAIT

"Saya berharap ini setidaknya ada pernyataan gratifikasi yang levelnya mengembalikan atau menyerahkan sejumlah uang sesuai fasilitas yang didapat," katanya.

Baca juga: Kaesang Ngaku Tak Diundang KPK untuk Klarifikasi soal Jet Pribadi 

Kaesang Datangi Gedung KPK, Klarifikasi Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi 

Sebelumnya, berdasarkan pantauan Tribunnews.com, Kaesang datang ke Gedung KPK untuk melakukan klarifikasi dugaan gratifikasi jet pribadi yang menjeratnya.

Kaesang datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam panjang pada pukul 10.30 WIB.

Sosok yang juga Ketua Umum PSI nampak didampingi Sekjen PSI, Raja Juli Antoni sebelum akhirnya masuk ke dalam ruangan pada pukul 10.40 WIB.

Dia tampak hanya sebentar di dalam gedung KPK, tak sampai satu jam untuk klarifikasi ke KPK

Setelah itu, Kaesang bertemu dengan awak media yang telah menunggu dan mengeklaim, jet pribadi yang digunakannya bersama sang istri, Erina Gudono, merupakan kepunyaan temannya. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas