Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengumuman Hasil Seleksi Program Inisiator Muda Moderasi Beragama 2024, Berikut Tahapan Selanjutnya

Hasil seleksi tahap I Program Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2024 telah diumumkan di https://madrasah.kemenag.go.id/immb/.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pengumuman Hasil Seleksi Program Inisiator Muda Moderasi Beragama 2024, Berikut Tahapan Selanjutnya
https://kemenag.go.id/
Hasil seleksi tahap I Program Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2024 telah diumumkan. Hasil seleksi ini dapat diakses pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/immb/. 

TRIBUNNEWS.COM - Hasil seleksi tahap I Program Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2024 telah diumumkan.

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah pada Ditjen Pendidikan Islam Kemenag mengatakan, sejumlah 100 peserta dinyatakan lolos seleksi.

Adapun hasil seleksi ini dapat diakses pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/immb/.




Bagi peserta yang lolos selanjutnya akan mengikuti pembekalan dan bimbingan teknis yang akan dilaksanakan secara virtual pada hari Rabu, 18 September 2024 pukul 06:00 WIB.

Kemudian, Presentasi Rencana Aksi akan dilaksanakan Zoom pada tanggal 18 – 20 September 2024.

Keputusan ini tidak dapat diganggu gugat dan mulai berlaku pada tanggal yang telah ditetapkan.

Persyaratan Presentasi Rencana Aksi:

  1. Peserta wajib hadir 15 menit sebelum waktu presentasi.
  2. Peserta wajib menggunakan nama akun zoom dengan format “Nomor Urut Pengumuman_Nama Peserta_Asal Madrasah_Asal Provinsi”.
  3. Peserta mempresentasikan rencana aksinya selama maksimal 5 (lima) menit.
  4. Tanya jawab maksimal 5 (lima) menit.
  5. Peserta diwajibkan bergabung pada grup WhatsApp. Link grup dapat dilihat pada masing-masing akun madrasah.
  6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi helpdesk pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/immb/.

Baca juga: Masa Sanggah CPNS Kemenag Dimulai 18 September, Simak Caranya

Sebagai informasi, sejak pendaftaran yang dibuka pada 3 Agustus 2024, program ini telah menarik perhatian 524 pendaftar dari 34 provinsi.

BERITA TERKAIT

Setelah melewati proses seleksi yang ketat, akhirnya terpilih 100 peserta yang akan melanjutkan ke tahap presentasi karya di hadapan tim juri pada 19 September 2024.

Nantinya, karya-karya yang mereka hasilkan telah diunggah dan dipublikasikan melalui platform media sosial seperti TikTok, X, dan Instagram.

Hasil seleksi tahap I Program Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2024 telah diumumkan. Hasil seleksi ini dapat diakses pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/immb/.
Hasil seleksi tahap I Program Inisiator Muda Moderasi Beragama (IMMB) 2024 telah diumumkan. Hasil seleksi ini dapat diakses pada laman https://madrasah.kemenag.go.id/immb/. (https://kemenag.go.id/)

"Kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar untuk menangkal anti-toleransi, ekstremisme, dan radikalisme. Selain itu, kita ingin menanamkan nilai-nilai Islam wasathiyyah dan keindonesiaan kepada siswa madrasah di seluruh Indonesia,” ujar Direktur KSKK Madrasah, Muchammad Sidik Sisdiyanto, dikutip dari kemenag.go.id.

Sidik juga menekankan bahwa tujuan program IMMB adalah untuk membangun jaringan siswa madrasah untuk penyebaran moderasi beragama di kalangan Gen Z.

"Produk IMMB ini nantinya harus dikompilasi menjadi jurnal, baik dalam bentuk cetak maupun digital, agar bisa dikonsumsi masyarakat luas," tambahnya.

Kasubdit Kesiswaan KSKK Madrasah, Solla Taufik, menjelaskan bahwa program ini menggunakan platform media sosial sebagai medium utama karena Gen Z merupakan kelompok yang sangat akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi.

"Karya para peserta dipublikasikan melalui TikTok, Twitter (X), dan Instagram, sesuai dengan perilaku dan gaya hidup mereka. Kami berharap program ini akan melahirkan duta moderasi beragama yang mampu mengampanyekan nilai-nilai moderasi secara sebaya," jelas Solla.

Seleksi tahap pertama ini berlangsung cukup ketat mengingat kualitas karya peserta yang sangat baik.

Penentuan 100 peserta yang akan maju ke tahap berikutnya dilakukan oleh tim ahli dari kalangan akademisi dan praktisi media sosial, dengan penilaian yang mencakup isi, tampilan, dan respons masyarakat terhadap karya yang diunggah.

Selanjutnya, para peserta terpilih akan mengikuti pelatihan khusus dari Kementerian Agama di Jakarta pada minggu keempat bulan September sebagai persiapan untuk implementasi Rencana Aksi Penguatan Moderasi Beragama (RAPMS) di lapangan selama satu bulan.

(Tribunnews.com/Latifah)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas