Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Komisi VI DPR Berharap Polemik di Kadin Diselesaikan, Harusnya Fokus Tantangan Dunia Usaha

Anggota Komisi VI DPR RI Sarmudji menegaskan, sejatinya polemik yang terjadi di internal Kamar Dagang dan Industri Indonesia segera diselesaikan.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Anggota Komisi VI DPR Berharap Polemik di Kadin Diselesaikan, Harusnya Fokus Tantangan Dunia Usaha
Kolase Tribunnews/Ist
Arsjad Rasjid (kiri) dan Anindya Bakrie (kanan). Anggota Komisi VI DPR RI Sarmudji meminta polemik yang terjadi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia segera diselesaikan. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Sarmudji menegaskan, sejatinya polemik yang terjadi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia segera diselesaikan.

Pasalnya menurut Sarmudji, Kadin sebagai wadah atau organisasi para pebisnis harus bisa segera fokus terhadap tantangan dunia usaha yang terpengaruh pada tidak pastinya kondisi perekonomian global.

Baca juga: Di balik dualisme kepemimpinan ketua umum Kadin - Mengapa bernuansa politis?

"Kita berharap dinamika yang ada di Kadin segera diselesaikan. Kita menghadapi tantangan yang tidak mudah di dunia usaha kita, ekonomi global kita juga masih belum selesai dan itu mempengaruhi sekali perekonomian secara nasional," kata Sarmudji dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (19/9/2024).

Lebih lanjut, Sekjen Partai Golkar tersebut menyatakan, sejatinya Kadin harus memiliki fokus pada kondisi perekonomian global tersebut.

Terlebih upaya Kadin salah satunya yakni membangkitkan dunia industri dalam negeri yang belakangan banyak menghadapi gelombang PHK.

"Dunia usaha kita menghadapi tantangan yang tidak mudah, ada isu tentang penurunan kelas menengah dan sebagai," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Karenanya dia meminta kepada seluruh pengusaha yang ada di Kadin agar menghentikan kekisruhan yang tidak penting.

Baca juga: Sempat Beri Selamat ke Anindya Bakrie, Menkumham Tepis Isu Ada Intervensi Istana Soal Kisruh Kadin

Sarmudji justru meminta kepada para pengusaha untuk fokus dalam membangkitkan dunia usaha dalam negeri.

"Sebaiknya saya mengimbau Kadin bersama-sama, semua pihak yang ada di Kadin berusaha untuk cari solusi secepatnya, agar para pengusaha kita itu bisa fokus ke dunia usahanya masing-masing menghadapi dinamika perekonomian global," ujar Sarmudji.

Ketua Umum periode Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia 2021-2026, Arsjad Rasjid (kiri) tetap berkantor di gedung Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan, pasca-dikudeta Anindya Bakrie (kanan) lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). 
Ketua Umum periode Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia 2021-2026, Arsjad Rasjid (kiri) tetap berkantor di gedung Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan, pasca-dikudeta Anindya Bakrie (kanan) lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).  (Kolase Tribunnews/Ist)

Kisruh di Tubuh Kadin

Sebelumnya, Kadin mengalami kisruh dengan adanya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di St Regis, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 14 September 2024. 

Munaslub yang digelar secara tiba-tiba tersebut memilih Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum.

Munaslub tersebut ditolak oleh Arsjad Rasjid yang merupakan Ketua Umum Kadin periode 2021-2026. 

Ia menilai Munaslub tersebut tidak sah dan melanggar AD/ART. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas