Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Reaksi TNI usai Pilot Susi Air Dibebaskan dari Penyanderaan KKB Papua

Selain itu, Hariyanto juga menegaskan bahwa TNI akan terus berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Papua, serta memastikan bahwa tindakan-tindakan

Penulis: Reza Deni
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Reaksi TNI usai Pilot Susi Air Dibebaskan dari Penyanderaan KKB Papua
Tribun-Papua.com/Istimewa
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya kembali menyebar foto dan video kondisi Susi Air Capten Philip Mark Mehrtens. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merespons atas dibebaskannya pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens asal New Zealand dari penyanderaan kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengkonfirmasi informasi tersebut.

Hariyanto mengatakan, pembebasan pilot Susi Air ini merupakan hasil dari upaya negosiasi yang intensif antara Apkam TNI, Polri dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan rasa syukur atas dibebaskannya sandera.

"Kami sangat bersyukur bahwa sandera, pilot Susi Air, telah berhasil dibebaskan dengan selamat. Ini adalah buah dari koordinasi yang baik antara TNI, Polri, dan dukungan masyarakat serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam keberhasilan ini," ucap Hariyanto kepada wartawan, Sabtu (21/9/2024).

Lebih lanjut, Hariyanto menekankan bahwa keselamatan sandera menjadi prioritas utama.

"TNI sejak awal berkomitmen untuk melakukan segala upaya guna memastikan keselamatan sandera. Kami mengapresiasi kesabaran dan dukungan dari keluarga korban selama proses ini berlangsung," lanjutnya.

Baca juga: EKSLUSIF Eks Pendiri Jamaah Islamiyah: 4 Organisasi Besar di Bawah Pusat Terhubung ke Densus 88

BERITA TERKAIT

Selain itu, Hariyanto juga menegaskan bahwa TNI akan terus berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Papua, serta memastikan bahwa tindakan-tindakan yang mengancam keamanan dan stabilitas nasional akan ditangani dengan tegas.

"Pilot Susi Air yang telah dibebaskan kini berada dalam kondisi yang stabil dan saat ini tengah menjalani beberapa tretment antara lain, pemeriksaan medis psikologi dan pengambilan keterangan aeal kemudian persiapan untuk di terbangkan ke Jakarta, menggunakan pesawat boeing TNI AU," kata dia.

"Kami berharap kejadian ini tidak terulang kembali, dan semua pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan situasi damai di Papua," tutup Hariyanto.

Sebelumnya, Kapten Philip Mark Mehrtens, pilot Susi Air akhirnya bisa dibebaskan setelah disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya 1,5 tahun terakhir.

Pembebasan ini dilakukan Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024 pada Sabtu (21/9/2024).

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Bayu Suseno dalam keterangannya, Sabtu.

Baca juga: SBY Pamit ke Presiden Jokowi untuk Hadiri Forum Aliansi Malaria Sedunia di New York

Bayu menyebut penjemputan Kapten Philip ini dilakukan di di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas