Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

124 Widyaiswara Tampilkan Karya Inovatif pada Jambore Nasional di Lembang

Jamnas Widyaiswara Indonesia ke-3 Tahun 2024 kembali diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPP APWI). 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in 124 Widyaiswara Tampilkan Karya Inovatif pada Jambore Nasional di Lembang
Istimewa
Jambore Nasional (Jamnas) Widyaiswara Indonesia ke-3 Tahun 2024 di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Kementerian Pertanian, Lembang, Jawa Barat.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jambore Nasional (Jamnas) Widyaiswara Indonesia ke-3 Tahun 2024 kembali diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPP APWI). 

Ajang ini merupakan forum tahunan yang bertujuan menampilkan karya-karya inovatif dan kreatif, sekaligus ajang silaturahmi widyaiswara seluruh Indonesia dari berbagai kementerian, lembaga, dan daerah.

Ketua DPP APWI Sugihardjo menyampaikan bahwa Jamnas widyaiswara Indonesia ke-3 ini merupakan ajang bergengsi karena menampilkan karya terbaik widyaiswara seluruh Indonesia. 

Jamnas widyaiswara Indonesia tahun ini juga menjadi agenda yang spesial karena diselenggarakan bersamaan dengan Hari Widyaiswara Nasional yang jatuh pada 21 September 2024. 

"Widyaiswara dari seluruh Indonesia, selain bertemu untuk saling unjuk karya dan berbagi pengetahuan, juga dapat merayakan hari yang istimewa bagi widyaiswara," Sugihardjo melalui keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Di kesempatan akhir, Sugihardjo menyampaikan terima kasih atas sukses Jamnas kepada sponsor dan panitia pelaksana yang diketuai oleh Widyaiswara Bandung Barat. 

BERITA TERKAIT

Sugihardjo menekan bahwa DPP APWI akan selalu hadir dengan program-program unggulan untuk mendorong inovasi dan kreativitas widyaiswara. 

"Harapannya agar ke depan widyaiswara Indonesia tidak pernah lelah dalam menorehkan inovasi dan kreativitas guna pengembangan SDM menuju Indonesia Emas 2045," ucapnya. 

Tahun ini, Jamnas widyaiswara Indonesia diselenggarakan mulai 19 hingga 21 September 2024 secara hybrid di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Kementerian Pertanian, Lembang. 

Acara ini bertema "Widyaiswara Bersatu dalam Penguatan Profesionalisme melalui Peningkatan Kapasitas dan Kreativitas Insan Digital Menuju Indonesia Emas 2045." 

Jamnas kali ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Asisten Daerah Administrasi Umum dan Para Narasumber Plt. Kepala LAN, Deputi Bidang SDM Aparatur Kemen PAN&RB, Kepala BPPSDMP Kementan, dan BKN yang diwakili Kapusbang Kepegawaian.

Pada Jamnas 2024 ini, sebanyak 124 widyaiswara sebagai pemrakarya menampilkan inovasi dan kreativitas terbaik mereka untuk mendukung dan mewujudkan pembangunan SDM Indonesia yang tangguh dan berkualitas. 

Para Widyaiswara membawa harum nama lembaganya dalam perhelatan ini, Peringkat tiga terbaik inovasi diraih oleh Widyaiswara Kementerian Agama dan BKN, sedang tiga kreativitas terbaik diraih oleh Widyaiswara Kementerian Keuangan BKPSDM KBB, dan LAN RI. 

Di sela kegiatannya, para widyaiswara pemrakarya dan seluruh peserta non-pemrakarya diajak mengeksplorasi indahnya wisata di Lembang. 

Baca juga: Pesan Kepala LAN ke Para Widyaiswara Ahli Utama dalam Proses Pengembangan Kompetensi ASN

Kegiatan yang disponsori oleh PT Jasa Marga, Pemprov Jabar, Program READSI Kementan, Pemkab KBB, Indonesia TV ini juga menghadirkan Plt. Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq dan pembicara lainnya dari berbagai instansi pemerintah dalam acara talkshow yang membahas potensi pengembangan profesi dan karir widyaiswara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas