Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menkominfo: Pemerintah Amerika Berkomitmen Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Duta Besar Kamala menyampaikan komitmennya untuk mendukung Indonesia dalam peningkatan investasi di sektor digital.

Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Menkominfo: Pemerintah Amerika Berkomitmen Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia
ist
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir saat bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo pada Kamis (26/9/2024). Pemerintah Amerika Serikat melalui Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia menyatakan komitmen yang kuat untuk membantu Indonesia dalam memajukan digitalisasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat melalui Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia menyatakan komitmen yang kuat untuk membantu Indonesia dalam memajukan digitalisasi.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir mengungkapkan komitmen tersebut dalam pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi di kantor Kementerian Kominfo pada Kamis (26/9/2024).

Baca juga: Menkominfo: NextHub Dapat Perkuat Posisi Indonesia sebagai Pusat Teknologi Regional

Duta Besar Kamala menyampaikan komitmennya untuk mendukung Indonesia dalam peningkatan investasi di sektor digital.

Menteri Budi Arie menjelaskan Indonesia memiliki potensi besar untuk digital ekonomi yakni USD 800 Miliar atau sekitar Rp 12.096,8 Triliun. Bahkan di tahun 2030, nilai Ekonomi Digital Indonesia mencapai USD 360 miliar.

Baca juga: Menkominfo: Penyebaran Informasi Dini Bencana Lewat Jaringan TV Digital

Bahkan, bila Indonesia mampu mengembangkan bisnis Artificial Intelligence (AI) secara optimal, potensi ekonomi dari teknologi ini saja diproyeksikan mencapai USD 366 Miliar di tahun 2030.

“Digitalisasi ekonomi adalah tools Indonesia agar menjadi negara maju. Sehingga, mimpi indonesia emas 2045 bisa terwujud,” kata Menkominfo di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2024).

Sejumlah hal yang didiskusikan Dubes AS dengan Menkominfo di antaranya adalah investasi pusat data, kabel bawah laut, satelit, dan infrastruktur telekomunikasi lainnya.

BERITA REKOMENDASI

Kerja sama kedua belah pihak menjadi penting mengingat saat ini Indonesia memiliki kebutuhan besar untuk meningkatkan jangkauan sekaligus kualitas layanan internet.

Selain itu, pertemuan juga membahas tentang pentingnya investasi dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Sebagai negara yang sedang melakukan akselerasi transformasi digital, Indonesia tentu membutuhkan talenta dengan kecakapan yang mumpuni dalam bidang teknologi.

Baca juga: Profil Budi Arie, Menkominfo Bela 2 Putra Jokowi soal Akun Fufufafa hingga Jet Pribadi

“Saya mohon agar pertemuan hari ini dapat ditindaklanjuti secara konkret. Saya siap untuk mengadakan pertemuan selanjutnya dengan Ibu Dubes maupun dengan perusahaan-perusahaan asal Amerika Serikat untuk dapat meningkatkan investasi di sektor digital,” kata Menteri Budi Arie.

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Budi Arie didampingi Staf Khusus Menkominfo Dedy Permadi, Dirjen Aptika Hokky Situngkir, dan Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Setjen Kementerian Kominfo Ichwan Nasution. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas