Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang HUT Ke-79 TNI, Jenderal Agus Bicara Peran dalam Operasi Militer Selain Perang

Jenderal Agus Subiyanto mengangkat peran TNI dalam operasi militer selain perang menjelang peringatan HUT Ke-79 TNI yang akan digelar pada Sabtu nanti

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jelang HUT Ke-79 TNI, Jenderal Agus Bicara Peran dalam Operasi Militer Selain Perang
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengangkat peran TNI dalam operasi militer selain perang menjelang peringatan HUT Ke-79 TNI yang akan digelar pada Sabtu (5/10/2024) mendatang.

Agus mengatakan 79 Tahun pengabdian bukanlah waktu yang singkat melainkan sebuah perjalanan panjang TNI dalam menjaga kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa. 

Ia mengatakan sejarah panjang kontribusi TNI bukanlah hanya melalui operasi militer untuk perang saja, tapi juga dalam operasi militer selain perang.

"Seperti penanggulangan bencana alam, pemberian bantuan kemanusiaan, pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan, membantu tugas pemerintahan di daerah, membantu kepolisian negara republik Indonesia, serta tugas-tugas operasi militer selain perang lainnya," kata Agus dalam video yang diunggah dari akun Instagram resmi Puspen TNI pada Selasa (1/10/2024). 

"Suatu tantangan tugas yang menuntut kita harus bekerja keras dan tanpa pamrih," sambung dia.

Ia mengaku bangga sampai dengan saat ini kepercayaan masyarakat terhadap TNI terus terjaga. 

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya hal itu merupakan bukti nyata atas pengabdian dan kerja keras prajurit TNI serta kemanunggalan TNI dengan semua komponen masyarakat dan sinergitas TNI-Polri yang selalu terjaga.

Menjaga kepercayaan tersebut, kata dia, perlu dilakukan dengan terus meningkatkan profesionalisme, responsif, integratif, modern, dan adaptif di tengah kondisi geopolitik dunia yang semakin dinamis dengan perubahan yang sangat cepat. 

Ia juga menegaskan TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama-sama rakyat, dan demi kepentingan rakyat.

"Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian seluruh anggota TNI yang menjadi benteng terdepan pertahanan negara yang menjadi kekuatan pelindung rakyat serta menjadi perisai penjaga NKRI," kata Agus. 

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sangat saya cintai atas nama seluruh keluarga besar TNI, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan, dukungan dan kebersamaannya, sehingga TNI mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diamanatkan negara kepada TNI," sambung dia.

100 Ribu Prajurit Hingga Parade 4 Km

Diberitakan juga sebelumnya sebanyak 100 ribu prajurit TNI akan dikerahkan dalam acara peringatan puncak HUT Ke-79 TNI di kawasan Monas Jakarta Pusat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas