Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Baru Dilantik, 11 Senator ''Menghilang'' saat Rapat Pemilihan Pimpinan MPR dari DPD, Ketuanya Lenyap

Diketahui, Sultan B Najamudin baru terpilih sebagai Ketua DPD RI periode 2024-2029, melalui rapat paripurna pemilihan pimpinan DPD RI yang digelar

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Baru Dilantik, 11 Senator ''Menghilang'' saat Rapat Pemilihan Pimpinan MPR dari DPD, Ketuanya Lenyap
Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami
Suasana rapat pleno pemilihan calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/10/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baru sehari dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI periode 2024-2029, sebanyak 11 anggota dari 157 anggota DPD RI alias senator tidak diketahui keberadaannya saat rapat pleno pemilihan calon pimpinan Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR) periode 2024-2029, di Gedung Nusantara V DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/102/2024) petang.

Pantauan Tribunnews, rapat pleno tersebut dimulai pukul pukul 17.00 WIB.

Hampir semua anggota DPD terpilih periode 2024-2029 pria menghadiri rapat dengan mengenakan pakaian jas. Sementara, untuk para anggota wanita mengenakan setelan batik.

Tak hanya jas hitam, beberapa anggota DPD mengenakan jas warna lain. Di antaranya oranye dan abu-abu.

Satu per satu dari mereka datang dan langsung mengisi kertas absensi kehadiran yang berada di meja petugas di depan pintu masuk utama ruang rapat Nusantara V.

Namun, belum seluruh kursi ruang rapat terisi penuh.

BERITA REKOMENDASI

Ketua Kelompok DPD RI, Dedi Iskandar Batubara sempat membuka rapat pleno pemilihan calon pimpinan MPR itu. Namun, tak lama rapat dibuka, terpantau lebih dari tiga senator mengajukan interupsi.

Melalui interupsi itu, ia menyampaikan kepada pimpinan rapat bahwa ada sejumlah anggota DPD RI meminta agar rapat dimulai setelah salat Maghrib. Hal itu dikarenakan rapat akan terpotong skors jika dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Aspirasi tersebut diterima pimpinan rapat pleno, yang menyetujui bahwa rapat akan dimulai kembali pada pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Intip Mobil Mewah Anggota Baru DPR di Senayan: Rubicon, Mercy hingga Ionic 6, Geng Artis Bawa Ini

Mengetahui hal tersebut, para anggota DPD RI yang telah hadir tampak keluar ruang sidang untuk sejenak beristirahat, makan, dan melakukan salat Maghrib.

Berdasarkan berkas absensi kehadiran rapat, terlihat banyak senator yang datang tidak tepat waktu.

Pada pukul 17.31 WIB, hanya terdapat sebanyak 108 dari total 152 senator DPD RI yang baru hadir di ruang rapat. Kemudian jumlah anggota DPD yang hadir bertambah menjadi 122 orang, pada pukul 17.44 WIB.

Kehadiran para senator menjadi perhatian, sebab rapat pemilihan calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD ini merupakan rapat pleno kedua setelah 152 anggota DPD RI terpilih dilantik, pada Selasa (1/10/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas