Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

VIDEO Gladi Bersih Jelang HUT Ke-79 TNI, Ada Atraksi 200 Penerjun Payung Hingga 1.500 Drone

Pada puncak HUT Ke-79 TNI, bakal ada 100 ribu prajurit TNI yang terlibat baik sebagai pasukan upacara maupun seluruh pendukungnya.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar gladi bersih dalam rangka peringatan puncak HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024).

Dalam kesempatan itu, tampak 30.206 prajurit dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) berseragam lengkap dan bersenjata berbaris rapi. 

Penanggungjawab Demonstrasi Gabungan HUT Ke-79 TNI Marsda TNI Donald Kasenda memastikan seluruh persiapan sudah hampir 100 persen.

Donald memastikan beragam atraksi siap ditampilkan pada puncak HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024) mendatang.

Pada puncak HUT Ke-79 TNI Sabtu 5 Oktober 2024 mendatang, bakal ada 100 ribu prajurit TNI yang terlibat baik sebagai pasukan upacara maupun seluruh pendukungnya.

Rencananya pada puncak HUT Ke-79 TNI akan digelar defile alutsista dan pawai dari masing-masing matra yakni matra darat, laut dan udara.

Terdiri dari TNI AD 107 Alutsista, TNI AL 120 Alutsista, TNI AU 44 Alutsista, Kemhan RI 250 Alutsista, Mobil klasik dan Moge 145 kendaraan.

BERITA REKOMENDASI

Kemudian bakal ada atraksi 200 prajurit gabungan dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU yang akan terjun payung dari dua pesawat Hercules C-130 di atas langit Monas.

Selain itu, terdapat atraksi 1.500 drone yang membentuk berbagai macam formasi mulai dari lambang tiga matra TNI, Mabes TNI, hingga garuda Pancasila.

Peringatan puncak HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas pada Sabtu (5/10/2024) mendatang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur Upacara.

Sementara itu, yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi.

Selain atraksi dan demonstrasi tersebut acara juga akan dimeriahkan parade defille alutsista dengan rute dari Monas Jakarta Pusat - Bundaran HI, Sarinah Thamrin, hingga Patung Pemuda Membangun Senayan dan kembali lagi ke Monas.

Masyarakat pun bisa  menyaksikan langsungh puncak HUT Ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas pada Sabtu (5/10/2024) mendatang. 

Rencananya juga akan ada 200 gerobak makanan dan minuman UMKM yang akan memberikan layanan gratis ke masyarakat.

TNI juga bakal menggelar dapur lapangan masing masing Matra untuk memberikan pelayanan makan gratis kepada penonton.

Selain itu, juga akan ada pembagian delapan ribu paket sembako kepada masyarakat, potong tumpeng, dan panggung hiburan prajurit.(*)

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas