Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Minta TNI harus Siap dengan Perkembangan Siber yang dapat Menjadi Ancaman

Jokowi juga berterima kasih kepada TNI karena peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara maupun stabilitas politik dalam satu dekade pemerintahannya

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Jokowi Minta TNI harus Siap dengan Perkembangan Siber yang dapat Menjadi Ancaman
Dokumentasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta (5/10). Ia hadir didampingi sejumlah pejabat, salah satunya Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Prabowo sebagai Menteri Pertahanan telah dan terus mendorong industri pertahanan dalam negeri, dan memperkuat diplomasi global. 

Tidak hanya itu, Prabowo juga terus melakukan modernisasi terhadap alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI

”Secara khusus saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Bapak Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto, sekaligus sebagai presiden terpilih," kata Jokowi saat menghadiri upacara peringatan ulang tahun yang ke-79 lembaga tersebut di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi juga berterima kasih kepada TNI karena peran TNI dalam menjaga kedaulatan negara maupun stabilitas politik dalam satu dekade pemerintahannya. 

"Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bangsa, dan negara," kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Pastikan Transisi Pemerintahan Berjalan Baik, Jokowi: Komposisi Kabinet Sepenuhnya Hak Prabowo

"10 tahun memimpin pemerintahan saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan kestabilan politik," tuturnya.

Menurut Jokowi, tantangan TNI ke depan tidak mudah di tengah kemajuan teknologi.

BERITA REKOMENDASI

Salah satu tantangan itu adalah tensi geopolitik yang kian memanas. Selain itu, perkembangan iptek juga menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta TNI harus siap dengan perkembangan siber yang dapat menjadi ancaman.

“Karena tantangan ke depan memang tidak semakin mudah. Iptek berkembang semakin cepat, ancaman siber semakin berbahaya,” ujarnya.

“Tensi geopolitik semakin memanas. Belum lagi perang yang tidak hanya konvensional, tapi juga perang ekonomi dan perang dagang,” ucapnya.

Jokowi juga meminta TNI untuk selalu siap siaga serta terus perbaiki diri dan cepat dalam beradaptasi pada perkembangan zaman.

“Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan, oleh karena itu TNI harus terus memperbaiki diri, terus mengikuti perkembangan zaman, terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada, termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas,” tuturnya.

Menurut Jokowi, TNI tak bisa bekerja sendiri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas