Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Deskripsi Diri PPPK 2024 Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis, Dilengkapi Cara Menulis

Contoh deskripsi diri dalam pendaftaran PPPK 2024 guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis dalam menu "Pengisian Riwayat". Maksimal 3000 karakter.

Penulis: Sri Juliati
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Contoh Deskripsi Diri PPPK 2024 Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis, Dilengkapi Cara Menulis
YouTube.com/Ajeng Septin
Contoh deskripsi diri dalam pendaftaran PPPK 2024 untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Maksimal 3000 karakter. 

TRIBUNNEWS.COM - Dalam pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024, para pendaftar diminta menuliskan deskripsi diri atau deskripsi pengalaman kerja.

Penulisan deskripsi diri dilakukan dalam menu "Pengisian Riwayat" pada pendaftaran PPPK 2024 baik untuk guru, tenaga kesehatan, maupun tenaga teknis.

Pendaftar PPPK 2024 wajib menulis deskripsi diri atau deskripsi pengalaman kerja dengan ketentuan maksimal 3000 karakter.

Sebenarnya, tidak ada bentuk baku dalam penulisan deskripsi diri atau deskripsi pengalaman kerja. Hanya saja, pakai kalimat yang sopan dan informatif.

Ada beberapa hal yang sebaiknya ditulis pendaftar PPPK 2024 dalam deskripsi diri atau deskripsi pengalaman kerja, yaitu:

  • Perkenalan diri berupa nama panjang, asal daerah, kampus, atau jurusan.
  • Sebutkan jabatan dan instansi
  • Sebutkan jangka waktu bekerja sebagai non-ASN/honorer
  • Jelaskan tugas
  • Sebutkan prestasi selama bekerja
  • Motivasi diri

Selengkapnya, berikut contoh deskripsi diri dalam pendaftaran PPPK 2024 untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Contoh Deskripsi Diri PPPK 2024 Guru

Saya (sebutkan nama) lahir di Kota (sebutkan tempat kelahiran) pada (tanggal kelahuran). Lulusan S-1 Pendidikan Guru SD Universitas X tahun 2017. 

BERITA REKOMENDASI

Pengalaman saya bekerja sebagai guru honorer di SD Negeri A sejak tahun 2019 dengan mengampu kelas 5. Selama waktu 5 tahun tersebut, saya selalu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang efektif agar siswa merasa nyaman dan tujuan pebelajaran tercapai sempurna. 

Selain pembelajaran di kelas, saya kerap mengajak siswa praktik sains di Laboratorium maupun di luar kelas sesuai rencana pembelajran yang sudah dibuat dan ditetapkan. Tujuannya agar siswa tidak jenuh sehingga materi dapat dipahami secara mendalam. 

Saya merupakan seorang guru yang mengalami masa transisi kurikulum dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka. Meski demikian, saya selalu mempelajari konsep kurikulum Merdeka sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang tepat sesuai kurikulum. 

Selain mendapatkan tugas pokok sebagai seorang guru, dalam waktu 4 tahun terakhir saya diberikan tugas tambahan sebagai pembina ektrakurikuler Pramuka. Kedua tugas tersebut dapat saya jalankan dengan maksimal karena 2 tahun berturut-turut saya mendapatkan penghargaan sebagai guru terbaik dan pembina ekstrakurikuler teladan. 

Salah satu pencapaian terbesar saya selama menjadi guru kelas adalah melatih siswa untuk Olimpiade Sains Nasional dan meraih juara 1 tingkat kabupaten pada tahun 2023. 

Motivasi yang mendasari saya bertahan sebagai guru honorer sampai saat ini ialah saya ingin berkontribusi secara langsung dalam mencerdaskan siswa, tidak hanya mencerdaskan akademiknya, tapi juga mencerdaskan budi pekertinya.

Baca juga: 3 Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja PPPK Tenaga Teknis 2024

Alternatif Contoh Deskripsi Diri PPPK 2024 Guru

Nama saya adalah (sebutkan nama), lahir di Surakarta, (sebutkan tanggal lahir). Saya adalah seorang guru honorer dengan pengalaman mengajar selama 6 tahun di SMPN (sebutkan nama sekolah) dan mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas