Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Beri Sinyal Banyak Menteri Jokowi Masuk Kabinetnya

Prabowo Subianto mengatakan susunan kabinet pemerintahannya akan banyak diisi oleh menteri-menteri yang berada di kabinet Presiden Jokowi.

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Prabowo Beri Sinyal Banyak Menteri Jokowi Masuk Kabinetnya
Istimewa
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 hadir mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam acara Pelantikan Anggota DPR RI terpilih di Gedung Nusantara, DPR/MPR/DPR RI, Selasa (1/10). Prabowo Subianto mengatakan susunan kabinet pemerintahannya akan banyak diisi oleh menteri-menteri yang berada di kabinet Presiden Jokowi. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan susunan kabinet pemerintahannya akan banyak diisi oleh menteri-menteri yang berada di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan Prabowo dalam acara BNI Investor Daily Summit di JCC, Senayan, Jakarta pada Rabu (9/10/2024).

"Dalam saya menyusun kabinet kok saya melihat banyak juga, ya, menteri-menteri yang akan datang banyak juga yang berada di kabinet yang sekarang," ucap Prabowo.

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra ini, setiap penerima mandat dari rakyat memikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan.

Oleh sebab itu, dalam menyusun kabinet harus memilih orang-orang yang terbaik.

Ia menyebut, hal ini seperti pemilihan pemain tim nasional (timnas) sepak bola.

"Itu sama kalau kita mau menyusun dan memilih tim sepak bola. Tim nasional sepak bola yang dicari adalah pemain-pemain yang terbaik. Kita tidak memikirkan orang tuanya siapa, agamanya apa, sukunya apa, rasnya apa." 

BERITA REKOMENDASI

"Dia mampu atau tidak, dia bisa atau tidak, dia berjuang atau tidak, mampu enggak dia deliver, mampu enggak dia berbuat yang terbaik untuk bangsa dan rakyat. Nah, itu yang kita cari," ujarnya. 

Sama seperti Jokowi, ungkap Prabowo, dirinya juga memilih orang-orang yang terbaik untuk menduduki kursi kabinet.

"Dan kalau kebetulan orangnya masih bagus, pasti kita akan minta untuk ikut lagi," tutur mantan Danjen Kopassus ini.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo juga menyampaikan bahwa transisi pemerintahan sangat lancar. Ia merasa menjadi bagian dari tim Jokowi.

Baca juga: Bocoran Kabinet Prabowo: Banyak Diisi Eks Menteri Jokowi, Ada Juga Kader PDIP

"Saya memimpin koalisi itu, kita bahkan menamakan koalisi itu Koalisi Indonesia Maju dan koalisi itu terdiri dari partai-partai yang memang ikut serta dalam timnya Pak Jokowi walaupun saya gabung sama Pak Jokowi baru bagian kedua," tuturnya.

Meski pernah menjadi rival Jokowi, Prabowo menyatakan, dirinya memiliki kesamaan nilai dengan eks Wali Kota Solo itu.

"Saya pernah rival, tapi saya bergabung, ternyata nilai-nilai kita sama dan sekarang saya dalam transisi ini merasa sangat dibantu, sangat didukung oleh Pak Jokowi dan timnya," ungkap Prabowo.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas