Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Boni Hargens Nilai Jenderal Herindra Cocok Jadi Kepala BIN, Kompeten dan Dekat dengan Prabowo

Boni Hargens yakin kemajuan institusi BIN yang sudah dilakukan Budi Gunawan selama 8 tahun terakhir terus meningkat di tangan kepala BIN baru.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Boni Hargens Nilai Jenderal Herindra Cocok Jadi Kepala BIN, Kompeten dan Dekat dengan Prabowo
(DOK. Humas Kemhan )
Wamenhan M Herindra, calon kepala BIN. 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pemilihan Jenderal TNI Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru menggantikan Jenderal (Pol) Budi Gunawan merupakan langkah yang strategis untuk memperkuat agenda pemerintahan baru Presiden Prabowo Subianto

"Beliau (Herindra) seorang jenderal militer yang memiliki kompetensi dan kapabilitas memadai untuk memimpin institusi telik sandi yang menjadi koordinator dari seluruh komunitas Intelijen di Indonesia," ujar Analis Politik dan Isu Intelijen, Boni Hargens, Rabu (16/10/2024).

Menurut dia pengalamannya sebagai perwira militer tentu saja modal besar untuk memimpin institusi BIN.

"Selain itu, beliau dikenal sebagai sosok yang dekat dengan presiden terpilih (Pranowo)," ujarnya.

Boni Hargens mengatakan tentu saja hal itu menjadi jaminan loyalitas yang tak diragukan lagi terhadap presiden baru sebagai end-user dalam proses diseminasi informasi intelijen. 

"Kita yakin, kemajuan institusi BIN yang sudah dilakukan Pak Budi Gunawan selama 8 tahun terakhir terus meningkat di tangan kepala BIN baru," katanya. 

BERITA REKOMENDASI

Bagaimanapun, lanjut Boni Hargens, konteks dinamika global yang makin dinamis dan konfliktual menuntut kesiapan negara dalam merespons segala bentuk ancaman yang datang dari luar.

"Untuk itu, BIN merupakan tulang punggung dalam menjamin keamanan nasional dalam kerangka kolaborasi dan koordinasi lintas sektoral dengan institusi lain yang relevan," katanuya. 

Selain itu, dinamika domestik juga akan cukup kompleks di tahun-tahun yang akan datang dalam segala matra.

"Intelijen adalah mata dan telinga terbaik dari negara. Deteksi dini dan cegah dini adalah tugas utama intelijen," katanya.

Sosok Heindra

Presiden Jokowi telah mengusulkan Wakil Menteri Pertahanan M Herindra sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Budi Gunawan.

DPR RI dijadwalkan bakal menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN pada Rabu (16/10/2024) hari ini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas