Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Didampingi Ma'ruf Amin, Gibran Rakabuming Tiba di Istana Wapres untuk Serah Terima Jabatan

Setelah menjalani pelantikan, Gibran langsung bertolak ke Istana Wakil Presiden RI yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Didampingi Ma'ruf Amin, Gibran Rakabuming Tiba di Istana Wapres untuk Serah Terima Jabatan
Tribunnews.com/Rizki S
Wapres RI Gibran Rakabuming Raka bersama Wapres ke-13 RI KH. Ma'ruf Amin saat tiba di Istana Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (20/10/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka telah secara resmi menjalani pelantikan dalam pengucapan sumpah Wakil Presiden RI yang digelar di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Setelah menjalani pelantikan, Gibran langsung bertolak ke Istana Wakil Presiden RI yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Tribunnews di lokasi, Gibran tiba di Istana Wapres RI sekitar pukul 14.00 WIB.

Gibran terlihat hadir dengan mengenakan pakaian adat Betawi yang dilengkapi beskap berwana hitam dan celana panjang hitam serta peci hitam.

Sementara itu, istri dari Gibran Rakabuming yakni Selvi Ananda tiba dengan mengenakan kebaya berwarna oranye dan kain kebaya bermotif batik.

Kehadiran Gibran dan Selvi disambut langsung oleh Wakil Presiden ke-13 RI KH. Ma'ruf Amin beserta istri, Hj Wury Ma'ruf Amin.

BERITA REKOMENDASI

Adapun kehadiran dari Gibran di Istana Wapres RI adalah untuk melakukan kegiatan serah terima jabatan atau memori jabatan sebagai Wakil Presiden RI.

Dalam pantauan, Gibran turut membawa dua putranya yakni Jan Ethes Srinararendra dan La Lembah Manah.

Sebagai informasi, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi menjadi presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Keduanya resmi menjadi menjadi presiden dan wakil presiden setelah dilantik di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024).

Sebelum dilantik, Prabowo dan Gibran membacakan sumpah jabatan di hadapan Pimpinan MPR dan anggota DPR.


"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," kata Prabowo.

Setelah Prabowo, giliran Gibran yang mengucapkan sumpah janji jabatan wakil presiden.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Rai dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Gibran.

Setelah membacakan sumpah jabatan, Prabowo dan Gibran menandatangani berita acara dihadapan para Pimpinan MPR RI.

Pelantikan presiden dan wakil presiden ini dihadiri langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, sejumlah ketua umum partai politik (parpol) juga turut menghadiri acara pelantikan tersebut.

Para mantan presiden terdahulu juga tampak menyaksikan langsung pelantikan Prabowo sebagai presiden.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas