Tribun

Tertinggi Sejak April, Harga Bitcoin Hari Ini Mendekati 60.000 Dolar AS

Melansir Reuters, harga Bitcoin naik hampir 4 persen ke level 59.664 dolar AS, nilai tertinggi sejak pertengahan April lalu.

Editor: Sanusi
Tertinggi Sejak April, Harga Bitcoin Hari Ini Mendekati 60.000 Dolar AS
The Independent
Harga Bitcoin melambung tinggi mendekati angka 60.000 dolar AS menyusul kabar bahwa Amerika Serikat akan segera menyetujui exchange-traded fund (ETF) untuk cryptocurrency terpopuler ini secara berjangka, pada Jumat (15/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Harga Bitcoin melambung tinggi mendekati angka 60.000 dolar AS menyusul kabar bahwa Amerika Serikat akan segera menyetujui exchange-traded fund (ETF) untuk cryptocurrency terpopuler ini secara berjangka, pada Jumat (15/10/2021).

Melansir Reuters, harga Bitcoin naik hampir 4 persen ke level 59.664 dolar AS, nilai tertinggi sejak pertengahan April lalu.

Nilai Bitcoin sendiri telah naik dua kali lipat tahun ini dan memecahkan rekor pada bulan April saat menyentuh angka 64.895 dolar AS.

Baca juga: Hari Ini, WhatsApp Rilis Fitur End-to-End Encrypted Backups, Bisa Simpan Chat di Google Drive

Lonjakan ini menyusul kabar bahwa Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) siap untuk mengizinkan ETF Bitcoin berjangka AS pertama untuk memulai perdagangan pada minggu depan.

Para investor cryptocurrency memang telah lama menunggu kabar persetujuan ETF Bitcoin pertama di AS. Beberapa reli Bitcoin dalam beberapa bulan terakhir sudah cukup menunjukkan bagaimana para investor mengantisipasi langkah tersebut.

Baca juga: Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin Bicara soal Mata Uang Kripto dan Minyak

Jika benar terjadi, ETF Bitcoin di AS diprediksi bisa mempercepat adopsi dan perdagangan arus utama.

Beberapa pengelola dana, termasuk VanEck Bitcoin Trust, ProShares, Invesco, Valkyrie, dan Galaxy Digital Funds, juga telah mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF Bitcoin di AS. ETF mata uang kripto telah diluncurkan tahun ini di Kanada dan Eropa.

Dikutip dari Bloomberg, proposal dari ProShares dan Invesco secara umum didasarkan pada kontrak berjangka dan diajukan di bawah aturan reksa dana yang dianggap bisa memberikan perlindungan pada investor dengan cukup signifikan.

Ketua SEC Gary Gensler, sempat berkata bahwa pasar kripto telah melibatkan banyak token yang mungkin merupakan sekuritas yang tidak terdaftar. Kondisi ini mendorong aksi manipulasi harga yang membuat banyak investor rentan terhadap risiko kerugian.

Ben Caselin, kepala penelitian dan strategi di bursa mata uang kripto AAX mengatakan bahwa lonjakan harga Bitcoin pekan ini bukan hal sembarangan dan banyak investor lebih memilih mengumpulkannya untuk sementara waktu.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas