Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Naik-Turun Bitcoin Hingga Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Sejarah pada 2021

Pergerakan harga aset kripto Bitcoin sepanjang tahun ini mengalami kenaikan dan penurunan cukup tajam. bagaimana prospek ke depan?

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Sanusi
zoom-in Naik-Turun Bitcoin Hingga Sentuh Level Tertinggi Sepanjang Sejarah pada 2021
PEXELS/WORLDSPECTRUM/Kompas.com
Ilustrasi bitcoin, aset kripto, cryptocurrency. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pergerakan harga aset kripto Bitcoin sepanjang tahun ini mengalami kenaikan dan penurunan cukup tajam, hingga menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah (all time high).

Mengutip CoinMarketCap, harga Bitcoin sempat menyentuh all time high pada 10 November 2021 di level 68.000 ribu dolar AS atau sekitar Rp 965 juta (kurs Rp 14.200).




Tercatat, harga Bitcoin pada awal Januari 2020 masih berada di posisi 29.000 dolar AS atau sekitar Rp 411 juta satu kepingnya.

Baca juga: Mulai 21 Desember, Biaya Transfer Antarbank Turun dari Rp 6.500 Jadi Rp 2.500, Ini Daftar Banknya

COO Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda (Manda) menyatakan, penguatan Bitcoin biasanya disebabkan beberapa hal seperti kepercayaan dari investor dan pemilik dari Bitcoin itu sendiri.

"Salah satu sentimen positif yang mendorong kali ini adalah pemberitaan terkait Mastercard yang merilis kartu kredit yang terintegrasi dengan kripto sebagai alat pembayaran di APAC. Pemberitaan yang naik di media terkait ini tentunya berpengaruh pada trust investor yang berdampak pada penguatan Bitcoin," kata Manda saat Bitcoin sentuh all time high.

Namun, penguatan harga Bitcoin tidak bertahan lama dan terus mengalami penurunan sejak 11 November 2021 ke level 65 ribu dolar AS, hingga ke posisi sekitar 46 ribu dolar AS pada 15 Desember 2021.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani: Main Kripto dan Untung, Orangnya Harus Bayar Pajak

BERITA TERKAIT

Penurunan harga Bitcoin, yang mulai menjauhi rekor tertinggi sepanjang sejarah dikarenakan adanya mutasi virus Covid-19 di Afrika Selatan dengan nama omicron.

"Varian omicron yang pertama kali muncul di benua Afrika membuat harga Bitcoin, serta aset kripto lainnya banyak terdiskon karena adanya aksi jual dari beberapa investor yang merasa panik dan was-was," kata CEO Indodax Oscar Darmawan beberapa waktu lalu.

Ia menilai koreksi harga aset kripto merupakan suatu hal yang wajar terjadi di dunia investasi, sehingga para investor khususnya investor pemula tidak perlu terlalu khawatir dengan penurunan tersebut.

"Ini sesuatu yang sehat justru di dunia kripto pada saat terjadi koreksi, karena itu membantu membangun momentum kripto bisa naik lebih tinggi setelahnya. Yang penting investor selalu menggunakan uang dingin untuk bertransaksi di aset kripto, dan saya selalu tekankan hal tersebut dimanapun ketika diminta untuk memberikan tips untuk memulai bertransaksi aset kripto," tutur Oscar.

Prospek Aset Kripto pada 2022

Manda menyampaikan, dalam beberapa hari ke belakang harga aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum dan beberapa koin dengannkapitalisasi pasar besar sedang terkonsolidasi.

Tetapi, kata Manda, jika dilihat siklus aset kripto dari tahun-tahum sebelumnya, Bitcoin cenderung mengalami koreksi pada Desember atau akhir tahun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas