Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ZipangCoin, Inovasi Perusahaan Jepang Buat Harga Kripto Terikat dengan Harga Emas

Mitsui and Co perusahaan trading asal Jepang berencana memperkenalkan mata uang kripto yang terikat dengan harga emas

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sanusi
zoom-in ZipangCoin, Inovasi Perusahaan Jepang Buat Harga Kripto Terikat dengan Harga Emas
The Economic Times
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berbeda dari yang lainnya, Mitsui and Co perusahaan trading asal Jepang berencana memperkenalkan mata uang kripto yang terikat dengan harga emas pada awal bulan ini.

Sebagai informasi, token kripto bernama ZipangCoin (ZPG) besutan Mitsui and Co, nantinya tidak akan dibuat menggunakan emas. Melainkan harga ZipangCoin lah yang hanya akan dikaitkan dengan harga satuan emas.

Baca juga: Bappebti: Perdagangan Kripto Terdaftar Pasti Ada Perlindungan bagi Investor

Adanya inovasi tersebut, membuat harga satu ZPG akan sama dengan nilai satu gram emas dalam bentuk Yen. Dengan hal ini ZPG berkemungkinan menjadi koin kripto dengan harga yang relatif stabil. Mengingat pergerakan harga emas tergolong sangat dinamis serta aman atau risk free, terlebih saat terjadi inflasi.

Baca juga: Harga Kripto Hari Ini, Bitcoin hingga Polkadot Menguat

Inovasi yang digagas oleh Mitsui and Co ini, diklaim sebagai token digital yang terikat dengan harga emas pertama di Jepang. Sebagai informasi, melansir CoinDesk yang dikutip dari surat kabar Jepang, Nikkei Asia menyebutkan bahwa ZipangCoin milik Mitsui awalnya merupakan koin buatan dari London Metal Exchange.

ZPG tentunya berbeda dengan koin digital lainnya seperti Ethereum atau Bitcoin, hal ini lantaran ZPG sendiri merupakan blockchain yang berdiri diatas jaringan pribadi.

Nantinya pengguna koin ZPG harus menjalani verifikasi identitas terlebih dahulu, sebelum mereka menggunakan mata uang ini.

BERITA REKOMENDASI

ZPG akan dijual melalui bursa milik Mitsui sendiri dan hanya dikhususkan bagi para investor ritel. Meski begitu, ZPG juga akan memberikan akses bagi pengecer afiliasi trader untuk menggunakan koin ini sebagai alat pembayaran, yang bisa digunakan melalui aplikasi smartphone ataupun sistem pembayaran digital lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas