Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tips Kelola Bisnis di Digital Marketplace untuk UMKM dari Mediatics & Universitas Indonesia

Mediatics Digital Indonesia & Universitas Indonesia bagikan tips kelola bisnis di Digital Marketplace dari segi customer relationship.

zoom-in Tips Kelola Bisnis di Digital Marketplace untuk UMKM dari Mediatics & Universitas Indonesia
Istimewa
Associate Digital Marketing Mediatics Digital Indonesia, Luky Juniansyah. 

TRIBUNNEWS.COM - Perkembangan ranah Digital Marketing yang semakin pesat tak bisa dipungkiri ikut mempengaruhi strategi pemilik UMKM dalam mengembangkan usahanya. Melalui Digital Marketing, pemilik UMKM dapat menjangkau target audiens yang lebih luas & tak terbatas oleh waktu maupun lokasi.

Melihat dinamika tersebut, Mediatics Digital Indonesia & Universitas Indonesia (UI) melalui Pengabdian Masyarakat dari Sekolah Kajian Stratejik & Global (SKSG) mengadakan workshop  “Peningkatan Kapasitas Kelompok Pengrajin Sepatu Sandal di Desa Sirnagalih dalam Penggunaan Digital Marketplace”, pada Jumat (06/10/23).

Baca juga: Mediatics & Universitas Indonesia Gelar Workshop “Cara Buka Usaha di Digital Marketplace” bagi UMKM

Luky Juniansyah, Associate General Manager Mediatics menyebutkan jika para business owner sudah memulai untuk berbisnis online di Digital Marketplace, jangan lupa untuk menjaga customer relationship dengan baik agar customer terus berbelanja.

Menurut Luky, setidaknya terdapat 4 tips untuk mengelola bisnis di Digital Marketplace dari segi customer relationship.

Pertama, berikan customer service yang berkualitas tinggi. Seperti halnya dari segi kecepatan dalam membalas pesan. Semakin cepat seller membalas pesan customer, mereka akan merasa diperhatikan & dihargai. Dengan begitu, customer tidak akan sungkan untuk berdiskusi & menyampaikan kebutuhan mereka secara jelas.

Baca juga: Mediatics & Universitas Indonesia Adakan Workshop CSR Digital Marketplace bagi UMKM Desa Sirnagalih

Kedua, selalu berikan informasi terkait promo & update barang terbaru kepada customer. Voucher potongan harga, buy 1 get 1, dan gratis ongkir merupakan cara yang paling efektif dalam menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

Ketiga, berikan program loyalitas. Perlu diketahui jika program loyalitas ini cocok digunakan untuk menjaga hubungan dengan customer & mendorong pembelian berulang atau retention. Sebagai contoh, jika ada customer yang sudah membeli barang di toko online Anda lebih dari dua kali, berikan diskon 20 persen untuk pembelian berikutnya.

BERITA TERKAIT

Terakhir, berikan informasi yang bersifat edukatif pada akun media sosial brand Anda. Jika bisnis Anda menjual sepatu, beberapa info yang bisa dibagikan untuk customer antara lain “Cara merawat sepatu kulit”, “Cara membersihkan sepatu dengan mudah di rumah”, dan lain sebagainya.

Dengan hadirnya informasi yang bersifat edukatif ini, customer akan merasa jika mereka sangat diperhatikan oleh brand Anda.

Baca juga: Perluas Kolaborasi, Universitas Indonesia Intensifkan Kerjasama dengan UC Berkeley

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas