Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harga Bitcoin Melesat 150 Persen di Platform Triv, Jelang Bitcoin ETF

Pertumbuhan performa aset kripto di kuartal akhir kembali terbang tinggi meskipun sempat sideway di kuartal 1 hingga kuartal 3.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Harga Bitcoin Melesat 150 Persen di Platform Triv, Jelang Bitcoin ETF
dok.
Ilustrasi Bitcoin dan Ethereum. Pertumbuhan performa aset kripto di kuartal akhir kembali terbang tinggi meskipun sempat sideway di kuartal 1 hingga kuartal 3. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di penghujung tahun 2023 kemarin, tren aset investasi kripto semakin melambung tinggi. Kesuksesan ini dipicu oleh performa luar biasa Bitcoin yang melonjak 10 kali lipat, mengungguli Emas, IHSG, dan Indeks Reksadana Saham sepanjang tahun 2023.

“Data dari TRIV Research, salah satu aset kripto yaitu Bitcoin mengalami pertumbuhan kinerja positif sebesar 159,91 persen sepanjang tahun 2023,” ungkap Chief Marketing Officer Triv, Jordan Simanjuntak dalam keterangannya dikutip Rabu (3/1/2024).

Jordan menjelaskan, pertumbuhan performa aset kripto di kuartal akhir kembali terbang tinggi meskipun sempat sideway di kuartal 1 hingga kuartal 3.

Baca juga: Sambut Awal Tahun, Harga Bitcoin Rebound Tembus Rp 707 Juta Per Koin

“Tahun ini, market kripto mengalami perjalanan yang menarik. Meskipun mengalami periode stabil di awal hingga pertengahan, aset ini bangkit dengan luar biasa di kuartal terakhir. Peningkatan tersebut menjadi pendorong lonjakan transaksi di platform TRIV hingga kuartal terakhir tahun ini. Ditambah lagi dengan momen ETF (exchange-traded fund) dan halving menjadi faktor utama dalam menaikkan performa aset kripto. Saya harap melalui momentum ini, kita dapat lebih peka terhadap potensi investasi kripto di tahun 2024, dengan tetap menjaga manajemen risiko dan meningkatkan pemahaman keuangan yang solid,” ujar Jordan.

Data terkini dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), jumlah investor kripto di Indonesia telah mengalami pertumbuhan pesat mencapai angka sebesar 18,25 juta orang pada November 2023.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 80 persen sepanjang tahun 2023. Tak heran kalau hal tersebut menjadikan aset kripto sebagai primadona di dunia investasi saat ini.

BERITA REKOMENDASI

Berrkaca dari platform TRIV, jumlah pengguna yang berinvestasi pada aset Bitcoin di tahun 2023 tumbuh 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pertumbuhan yang mengesankan ini menunjukkan minat yang kuat dari masyarakat dalam mengadopsi Bitcoin sebagai bagian dari portofolio investasi mereka. Terbukti hasil kinerja Bitcoin mampu membalap kinerja top company dunia seperti Meta dan Netflix,” urainya.

Selain itu, altcoin seperti Ethereum, Solana, dan Cardano juga mengalami kenaikan nilai yang signifikan di sepanjang tahun ini.

Dikutip dari platform TRIV, Ethereum mengalami pertumbuhan sebesar 101.02 persen, sedangkan Solana sebesar 869.77% dan Cardano sebesar 159.92% per 28 Desember 2023.

Hal ini menjadi sorotan bagi masyarakat atas performa aset kripto yang terus mengalami peningkatan kinerja di sepanjang tahun.

Jordan melanjutkan bahwa di tengah maraknya Bitcoin dan aset kripto lainnya, masyarakat tidak perlu khawatir lagi mengenai perubahan harga market yang terjadi begitu cepat.

Pasalnya pengguna TRIV saat ini dapat mengatur harga koin sesuai dengan nominal yang diinginkan melalui fitur Price Alert.

"TRIV baru saja merilis fitur Price Alert yang dapat membantu pengguna memantau pergerakan harga aset kripto favorit secara real-time. Fitur ini juga dapat memberi sinyal pemberitahuan market tanpa perlu terus memantau grafik harga,” jelas Jordan.

Tahun 2023 menjadi momentum lonjakan pesat popularitas aset kripto, terutama Bitcoin, sebagai pilihan investasi utama. Kenaikan yang signifikan ini mencerminkan minat yang kuat terhadap perkembangan aset kripto sebagai investasi menarik di seluruh dunia.

“Selain itu, strategi menabung rutin aset kripto juga memiliki potensi untuk memperkuat pertumbuhan investasi jangka panjang sambil mengurangi risiko terhadap fluktuasi harga yang dinamis pada aset tersebut,” kata Jordan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas