Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diproyeksi Dominasi Dunia Kripto, Nilai Pasar Token Real World Assets Akan Capai 16 Triliun Dolar AS

Token RWA adalah token yang merepresentasikan aset nyata seperti emas, saham, rumah, dan aset lainnya.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Diproyeksi Dominasi Dunia Kripto, Nilai Pasar Token Real World Assets Akan Capai 16 Triliun Dolar AS
Istimewa
CEO Indodax, Oscar Darmawan. Token RWA adalah token yang merepresentasikan aset nyata seperti emas, saham, rumah, dan aset lainnya, yang dibuat melalui proses tokenisasi menggunakan smart contract di blockchain. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasar token Token Real World Assets (RWA) diperkirakan bakal mencapai nilai 16 triliun dolar AS pada tahun 2030.

Oleh sebab itu, Token RWA pun diproyeksikan akan menjadi narasi baru yang mendominasi dunia kripto di masa depan.

Token RWA adalah token yang merepresentasikan aset nyata seperti emas, saham, rumah, dan aset lainnya, yang dibuat melalui proses tokenisasi menggunakan smart contract di blockchain.

Baca juga: Industri Kripto Hadapi Tantangan Regulasi Hulu hingga Hilir Serta Edukasi ke Investor




CEO Indodax, Oscar Darmawan, menyatakan token RWA memungkinkan aset fisik diubah menjadi aset digital yang bisa diperdagangkan di blockchain.

Contoh aset yang bisa di-tokenisasi antara lain rumah, mobil, perhiasan, logam mulia, dan saham.

"Proses ini mirip dengan konsep saham digital di bursa, tetapi dengan token RWA, perdagangan dilakukan di jaringan blockchain,” ujar Oscar dikutip dari Kontan, Selasa (4/6/2024).

Oscar menyampaikan, token RWA juga bisa digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman atau menghasilkan dividen seperti saham.

BERITA TERKAIT

Misalnya, sertifikat tanah yang di-tokenisasi bisa digadaikan untuk pinjaman, atau token tersebut dapat memberikan pendapatan pasif kepada pemiliknya.

Namun, ada tantangan dalam mengadopsi token RWA, seperti masalah hukum dan peraturan, terutama pada transaksi lintas negara, serta kepercayaan antara penyedia jasa dan pengguna. Perubahan mindset dan adopsi teknologi oleh pemilik aset dunia nyata juga menjadi tantangan.

Meskipun demikian, token RWA memiliki potensi besar untuk melaju dengan momentum kuat dan bisa menjadi gainer terbesar di bull market mendatang, karena banyaknya uang dari aset dunia nyata yang akan mengalir ke pasar kripto.

Perlu diingat, naik turunnya harga token akan mengikuti aset fisiknya atau skema bagi hasilnya, tidak seperti Bitcoin yang harganya berdasarkan supply dan demand.

Di Indonesia, ada token asli RWA sejak 2019 bernama Lyfe. Oscar menyatakan, token RWA membuka peluang investasi baru yang sebelumnya tidak terjangkau banyak orang.

"Dengan tokenisasi aset dunia nyata, kita dapat melihat likuiditas yang lebih tinggi dan manajemen aset yang lebih efisien. Indodax mendukung inovasi ini dan siap menjadi bagian dari masa depan transaksi digital," ucapnya.

Salah satu proyek kripto yang sudah mengusung tokenisasi RWA adalah Ondo Finance, proyek dari Coinbase yang mengkombinasikan aspek keuangan tradisional (TradFi) dengan keuangan terdesentralisasi (DeFi). (Noverius Laoli/Kontan)

Artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Token Real World Assets (RWA) Diproyeksikan Mendominasi Dunia Kripto ke Depan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas