Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Harga Ethereum Sentuh Titik Terendah dalam 3 Tahun Terakhir

Terdapat injeksi likuiditas dari Tiongkok, yang cenderung meningkat di akhir tahun dan mencapai puncaknya pada Februari.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Harga Ethereum Sentuh Titik Terendah dalam 3 Tahun Terakhir
dok.
Ilustrasi Bitcoin dan Ethereum. Harga Ethereum senilai US$ 2,790 pada 26 Agustus 2024, sebelum turun ke US$ 2,301 pada 9 September 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, - Harga Ethereum (ETH) mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir, hingga menyentuh titik terendah dalam tiga tahun terakhir.

Tercatat, harga Ethereum senilai US$ 2,790 pada 26 Agustus 2024, sebelum turun ke US$ 2,301 pada 9 September 2024.

Tekanan terhadap pasar altcoin dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk perkembangan teknologi, sentimen investor, dan arus likuiditas global.




Menurut laporan Cointelegraph.com, salah satu faktor utama yang memengaruhi pasar altcoin adalah injeksi likuiditas dari Tiongkok, yang cenderung meningkat di akhir tahun dan mencapai puncaknya pada Februari.

Baca juga: Aset Kripto Ethereum Naik 26 Persen Jadi Sekitar Rp63 Juta, Ini Penyebabnya

Peningkatan likuiditas global, terutama dengan kebijakan Quantitative Easing (QE) dari China dan Amerika Serikat, berpotensi mendorong kenaikan signifikan di pasar altcoin.

Quantitative Easing adalah kebijakan moneter non-konvensional yang dilakukan oleh bank sentral dengan cara menambah jumlah uang yang beredar di pasar.

Bank sentral membeli aset keuangan dari bank atau institusi keuangan serta surat berharga milik pemerintah berjangka panjang, dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pinjaman atau kredit.

BERITA TERKAIT

Kebijakan ini biasanya diterapkan ketika metode konvensional dalam mengelola ekonomi dianggap tidak efektif.

Menyikpai hal itu, CEO Indodax, Oscar Darmawan, menilai kondisi pasar kripto saat ini tidak lepas dari siklus yang sering terjadi, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor global seperti kebijakan moneter dan tren adopsi teknologi.

Oscar mencatat fluktuasi harga altcoin sering kali mengikuti pola musiman dan pergerakan likuiditas global, terutama dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Tiongkok.

Ia juga menyoroti peran penting The Fed dalam menentukan arah pasar.

"Dengan The Fed yang berencana menurunkan suku bunga mulai bulan September, ini bisa menjadi katalis bagi pasar altcoin untuk pulih dan tumbuh," ujar Oscar dikutip dari Kontan, Selasa (10/9/2024).

Oscar Darmawan juga menekankan pentingnya diversifikasi dalam investasi kripto. (Noverius Laoli/Kontan)

Artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul Pasar Altcoin Merosot, Ethereum Sentuh Titik Terendah dalam 3 Tahun Terakhir

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas