Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Stoplamp Vectolabs Nyala Kalau Gas Motor Dikendorkan

Vectolabs menciptakan model baru, lampu menyala ketika tekanan pedal gas dikendorkan, baik saat pindah gigi atau akan berhenti.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Stoplamp Vectolabs Nyala Kalau Gas Motor Dikendorkan
IST

TRIBUNNEWS.COM – Lampu rem atau stop (termasuk tambahan), akan menyala pengendara pedal rem ditekan. Kini, Vectolabs menciptakan model baru, lampu menyala ketika tekanan pedal gas dikendorkan, baik saat pindah gigi atau akan berhenti. Lampu ini diberi nama Vololights.

Untuk ini, digunakan LED yang terintegrasi pada braket tempat pelat nomor nomor dipasang. Lampu ini menyala dua kali dalam satu detik kalau kecepatan berkurang sedikit. Lima kali dalam sedetik jika pengendara mengurangi kecepatan dengan cepat atau mengerem.

Dengan metode ini, untuk keamanan lebih baik ketimbangan model konvensional yang baru menyala ketika direm ditekan (apalagi mobil direm secara mendadak).

Saat ini, banyak pengendara sepeda motor tidak menggunakan rem untuk mengurangi kecepatan. Misalnya, hanya dengan memindah gigi ke posisi lebih rendah. Pengguna sepeda motor klasik juga perlu diberi atensi, misalnya Vespa 1960-an, tuas rem di tangan tidak disambungkan ke lampu rem.

Lampu ini bekerja dengan memanfaatkan akselerometer dan unit logik yang dipasang di belakang Vololight. Akselerometer yang selalu mengukur kecepatan, digunakan untuk menyalakan lampu rem (LED).  Harga, 69 dollar AS (Rp 670.000) dengan ukuran yang bisa dimodifikasi.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas