Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Apa Saja yang Baru di Performa Mesin All New Satria F150?

Di sektor dapur pacu, All New Satria F150 mengusung mesin baru 150cc yang telah mengadopsi teknologi Fuel Injection canggih

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Apa Saja yang Baru di Performa Mesin All New Satria F150?
TRIBUNNEWS,COM/CHOIRUL ARIFIN

TRIBUNNEWS.COM, SENTUL – Motorsport hyperunderbone terbaru dari Suzuki, All New Satria F150 yang resmi meluncur di pasar Indonesia, Selasa (16/2/2016) di Sirkuit Internasional Sentul.

Apa saja perubahannya?

Di sektor dapur pacu, All New Satria F150 mengusung mesin baru 150cc yang telah mengadopsi teknologi Fuel Injection canggih dipadu dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module).

Mr Tachikawa, Chief Engineer Suzuki Satria F150 dari Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang menjelaskan, ECM berperan sebagai otak dari sistem Fuel Injection.

Peranti ini ditempatkan di bawah jok bersebelahan dengan posisi aki.

Mesin150cc di Satria F150 merupakan konstruksi mesin DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-valve single cylinder yang selama menjadi ciri khas Suzuki Satria F150 tetap dipertahankan.

Namun mesin ini juga diperbaharui dengan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar sehingga menyerupai konstruksi mesin motor balap.

BERITA TERKAIT

Tujuannya untuk menjaga kestabilan kondisi suhu mesin agar tetap dalam tingkat yang optimal dalam penggunaan sehari-hari maupun untuk balap.

Mr Tachikawa juga menjelaskan, All New Satria F150 menggunakan piranti radiator berukuran paling besar di kelasnya yang berguna sebagai liquid cooling system di motor ini.

Lekatnya citra Suzuki Satria sebagai motor berperforma tinggi juga diperkuat dengan throttle body berukuran besar hingga 32 mm.

Lazimnya, ukuran throttle body tersebut diaplikasikan pada sepeda motor untuk keperluan Kejuaraan Nasional Balap Motor.

Komponen berstandar motor balap lainnya juga digunakan pada bagian piston yang konstruksinya kuat namun bobotnya lebih ringan 16% dari model sebelumnya, ditambah SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) pada bagian dinding silinder mesin.

Ini demi memastikan mesin All New Satria F150 kuat dan awet meski dipacu dalam kecepatan tinggi.

Suplai udara bersih menuju ruang bakar mesin turut bertambah 24% lebih banyak dengan desain box air filter baru yang lebih besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas