Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Ban untuk Truk dan Bus Paling Bandel dari Michelin

Michelin XDY 3 HD merupakan ban radial untuk posisi drive (belakang) untuk truk muatan berat.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Ban untuk Truk dan Bus Paling Bandel dari Michelin
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Michelin XZY 3 HD dan Michelin XDY 3 HD, dua ban terbaru dari Michelin untuk bus dan truk angkutan berat di medan ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Industri jasa transportasi bus dan truk di Indonesia memiliki karakter unik dan sangat spesifik. Di segmen truk misalnya, operator atau pengusaha truk menghendaki truk yang sanggup membawa muatan berlebih (overload) namun tetap bandel serta mudah dalam perawatan.

Begitu juga di produk spare parts seperti ban. Karakter jalan di Indonesia yang merupakan kombinasi jalan mulus, jalan rusak (gravel dan semi gravel) dan jalan tanah membutuhkan ban yang kuat membawa muatan berlebih, sekaligus awet.

Menjawab kebutuhan itu, PT Michelin Indonesia menghadirkan ban tipe radial Michelin XZY 3 HD dan Michelin XDY 3 HD untuk pasar truk dan bus di Indonesia.

Kedua ban ini menawarkan daya tahan yang kuat, usia pakai ban yang panjang sekaligus membantu menghemat bahan bakar kendaraan. Biaya operasional menjadi lebih efisien.

Untuk pengusaha yang bergerak di bisnis transportasi, Michelin XZY 3 HD dan Michelin XDY 3 HD dirancang sebagai ban untuk truk yang biasa membawa muatan berat.

Berdasarkan data internal Michelin, faktor biaya ban memberikan kontribusi sebesar 14 persen terhadap biaya pengeluaran.

BERITA TERKAIT

Putu Yudha, Direktur Pemasaran Michelin Indonesia mengatakan, Michelin XZY 3 HD menawarkan sejumlah keunggulan kepada pelanggan yang armada truknya kerap melewati beragam kondisi jalan.

Ban ini direkomendasikan dipasang di posisi depan.

Kabel bead yang tertanam di ban ini 50 persen lebih besar dan karet yang lebih tebal, untuk meminimalisir kerusakan ban.

Selain itu, desain casing dibuat baru, membuat keausan ban jadi lebih merata, ban pun lebih awet

Michelin juga menambah lapisan kompon di bawah telapak ban berfungsi mengurangi hambatan gulir agar konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Michelin XDY 3 HD merupakan ban radial untuk posisi drive (belakang) untuk truk muatan berat.

Sama halnya dengan Michelin XZY 3 HD, ban ini juga menawarkan sejumlah keunggulan. Perbedaannya, kedalaman telapak Michelin XDY 3 HD dibuat lebih dalam 4 mm dibanding Michelin XZY 3 HD.

"Ban tipe ini memberikan jarak tempuh yang lebih panjang," kata Putu.

Sylvain Selves, Direktur Komersil Ban Truk dan Bus PT Michelin Indonesia menyatakan, ban Michelin XZY 3 HD dan Michelin XDY 3 HD merupakan inovasi terbaru dari Michelin yang dirancang khusus dengan berbagai keunggulan superior seperti meningkatkan daya tahan lebih lama, usia pakai ban lebih panjang, dan lebih hemat bahan bakar dalam menghadapi kondisi jalanan ekstrem di Indonesia.

“Pertumbuhan pasar kendaraan komersil di Indonesia memberikan peluang yang semakin luas bagi pelaku bisnis di industri ban. Melalui dua produk terbaru ini Michelin ingin terlibat langsung untuk mendukung mobilitas yang lebih baik dan aman di Indonesia,” kata Sylvain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas