Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Knalpot Keluar Air Tanda Mesin Mobil Bekerja Sempurna

Banyak yang cemas ketika ada air yang menetes dari lubang knlapot ketika mesin dipanaskan.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Knalpot Keluar Air Tanda Mesin Mobil Bekerja Sempurna
Autobild

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebanyakan para pemilik kendaraan kendaraan bermotor memanaskan mesin di pagi hari.

Dengan tujuan untuk mencairkan oli pada ruang mesin, transmisi, dan melancarkan asupan bensin pada sistem injeksi.

Tapi, banyak yang cemas ketika ada air yang menetes dari lubang knlapot ketika mesin dipanaskan. Untuk itu, inilah alasan kenapa air bisa menetes dari knalpot.

Keluarnya air dari knalpot adalah hasil dari pembakaran mesin yang sempurna. Hal itu wajar terjadi karena kondisi mesin dan knalpot di pagi hari yang didominasi oleh suhu rendah.

Jadi, ketika air menetes dari knalpot, Anda justru tak usah khawatir karena itu menunjukkan pembakaran pada mesin mobil masih sempurna.

“Air yang keluar itu menjadi hal wajar. Karena hasil pembakaran mesin yang sempurna akan menghasilkan air, dan air itu bisa keluar dari knalpot yang kondisinya masih dingin,” tutur Iwan Abdurahman, Kepala Bengkel Toyota TAM Sunter.

Dirinya pun menambahkan kalau knalpot sudah panas, air itu akan menguap dengan sendirinya. Menurut Kang Iwan begitu ia disapa, pembakaran yang sempurna memang akan menghasilkan air.

BERITA TERKAIT

Bensin pada mobil mengandung senyawa karbon (C), Hidrogen (H), serta udara (O2) pada ruang mesin. Ketiga unsur tersebut yang akan menghasilkan air ketika terjadi pembakaran mesin.

“Melalui proses pembakaran tersebut nantinya akan menghasilkan CO2 dan H2O atau nama senyawa kimia dari air. Nah, dari proses inilah yang nantinya akan menghasilkan air keluar dari knalpot,” tutup Iwan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas