Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Mekanik Tim UD Trucks Indonesia Juara 1 Ajang Final Gemba Challenge 2016 di Jepang

"Yang diutamakan bukan waktu penyelesaiannya, tapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standard UD Trucks"

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Mekanik Tim UD Trucks Indonesia Juara 1 Ajang Final Gemba Challenge 2016 di Jepang
HANDOUT
Tim mekanik after sales dari UD Trucks Indonesia keluar sebagai juara pertama di ajang kompetisi antar mekanik UD Trucks bertajuk 'UD Trucks Gemba Challenge 2016;' yang digelar selama dua hari, 15-16 November 2016 di Jepang. Tahun ini ajang ini diikuti 1.156 mekanik dari perwakilan UD Trucks dari berbagai negara termasuk dari Afrika dan Asia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Final kejuaraan UD Trucks Gemba Challenge 2016, sebuah ajang kompetisi purna jual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia baru saja digelar di Ageo, Jepang.

Dan hasilnya, ajang dua tahunan ini menobatkan mekanik after sales tim UD Trucks Indonesia keluar sebagai juara pertamanya.

UD Trucks Gemba Challenge 2016 sendiri digelar selama dua hari, pada 15-16 November lalu dan diikuti 1.156 mekanik dari perwakilan UD Trucks dari berbagai negara termasuk dari Afrika dan Asia.

Ajang ini pertama kali digelar pada 2014, dan gelaran tahun ini merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan.

Untuk pertama kalinya tim dari Thailand, Hong Kong, Taiwan dan negara-negara di kawasan Afrika bagian selatan baru bergabung di penyelenggaraan tahun ini.

Keterangan pers UD Trucks Indonesia kepada Tribunnews, Kamis (17/11/2016) menyebutkan, tujuan penyelenggaraan UD Gemba Challenge adalah untuk mengembangkan keterampilan, semangat tim dan kebanggaan di antara UD personil aftermarket garis depan.

Ini merupakan kegiatan penting untuk memelihara semangat UD Gemba dalam menjalankan brand promise UD Trucks, yakni Going The Extra Mile dan nilai inti dari Ultimate Dependability.

BERITA TERKAIT

Kompetisi tahun ini dimulai pada bulan Juni diikuti 289 tim dari seluruh dunia. Setiap tim terdiri dari empat mekanik dengan dua putaran teori yang diadakan secara online.

Peserta tahun ini jauh lebih banyak dibanding penyelenggaraan dua tahun lalu yang baru diikuti 185 tim, atau ada kenaikan 57 persen.

"Ini yang membuat kompeitisi memiliki tantangan yang lebih besar bagi para peserta dari Indonesia, akan tetapi kami bangga Indonesia terpilih menjadi juara pertama,” kata Ali Rachman, Head of Competence Development UD Trucks Indonesia.

Tahap final kompetisi ini digelar di UD Experience Center di kantor pusat UD Trucks di Kota Ageo dengan sejumlah materi dan peserta diadu di 6 stasiun.

Di babak final tersaring 11 tim, dua dari Indonesia, dua tim dari Thailand, empat tim dari Jepang, satu dari Malaysia, Taiwan, dan Afrika Selatan.

BB Truck & Tractor Polokwane, pemenang Gemba Tantangan 2014, juga kembali masuk babak final.

Tim Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia yang terdiri dari 4 peserta: Frize Dian Anggi Pratama, Rachmat Ary Wibowo, Tri Mulyono, Stephanus Budi tampil sebagai juara pertama dan juara terbaik Quester, diikuti tim Poso dari Jepang sebagai juara 2, dan tim Lobster dari Thailand sebagai juara 3.

S Purbo Yuwono, Service Department Head Astra International UD Trucks Indonesia yang mengetuai Tim Kerak Telur menyatakan, tantangan mengikuti ajang ini tidak hanya menguji kemampuan individu para mekanik, ahli komponen dan perwakilan layanan pelanggan, tetapi juga mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama-sama.

"Yang diutamakan bukan waktu penyelesaiannya, tapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standard UD Trucks, dan kami terbukti mampu setara dengan standard UD Trucks secara international,” kata dia.

Untuk dapat menyelesaikan 6 stasiun yang di uji dalam pertandingan Gemba Challenge, yakni Diagnostics, Brakes, Electricks, Engine, Transmission, dan Commercial, diperlukan waktu pelatihan minimal 50.000 jam.

Hal tersebut harus dipelajari di luar pekerjaan utama yang para mekanik lakukan. Karenanya, ajang Gemba Challenge dilaksanakan setiap 2 tahun sekali.

"Kompetisi dua tahunan terbesar UD Trucks ini memberikan kesempatan besar kepada semua mekanik untuk menunjukkan 'Gemba Spirit', semangat profesional, antusiasme dan dapat diandalkan di kanrtor pusat UD Trucks. Semangat ini telah mendorong kami untuk memberikan kualitas yang lebih tinggi dari layanan purna jual kepada pelanggan," kata Fiona Martensson, Project Manager Gemba Challenge 2016.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas