Tribun Otomotif

Suzuki Pastikan Jual Mobil Berteknologi Hibrida di Indonesia

Suzuki kini tidak lagi hanya mengembangkan ‎model untuk pasar global. Indonesia sebagai pasar terbesar kedua setelah India juga mendapat perhatian khu

Editor: Fajar Anjungroso
Suzuki Pastikan Jual Mobil Berteknologi Hibrida di Indonesia
ISTIMEWA
Mesin Dual Jet hasil inovasi terbaru Suzuki saat dipamerkan di arena GIIAS 2016, 11-21 Agustus 2016 di ICE BSD City, Tangerang. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya mengonfirmasi, teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) bakal meluncur di Indonesia sebagai model baru pertama pada 2017. ‎

Meski tidak disebutkan secara rinci, inilah pengakuan peluncuran Ertiga dengan mesin diesel 1.2L SHVS yang diimpor dari India.

"Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan teknologi SHVS," ucap Harold Donnel 4W Head of Product Development & Accesories SIS, ‎di Bogor, Rabu (14/12/2016).

Harold menjelaskan Suzuki kini tidak lagi hanya mengembangkan ‎model untuk pasar global. Indonesia sebagai pasar terbesar kedua setelah India juga mendapat perhatian khusus.

Cara kerja SHVS tidak seidealis sistem hibrida pada umumnya, kata Harold. SHVS dilengkapi dengan Integrated Starter Generation ‎(ISG) sebagai otak sistem yang salah satu tugasnya mengolah energi terbuang dari pengereman.

"Kombinasi ISG dan SHVS menghasilkan beberapat output, yaitu efisiensi bahan bakar dan memunculkan fitur engine start stop. Ini ide dasarnya dari hal-hal yang selama ini tidak terpikirkan," urai Harold.

Dipandang dari sisi bisnis, tambahan produk berteknologi SHVS bisa meningkatkan volume penjualan SIS. Di sisi lain, SIS sudah menyatakan diri ikut mempromosikan kendaraan ramah lingkungan.

(Febri Ardani Saragih/kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas