Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

GIAMM Pasang Target Ekspor Produk Suku Cadang Otomotif Naik 5 Persen Tahun Ini

Produk yang paling banyak diminati oleh pasar global di antaranya adalah fast moving parts seperti baterai, filter, dan barang sejenis lainnya.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in GIAMM Pasang Target Ekspor Produk Suku Cadang Otomotif Naik 5 Persen Tahun Ini
TRIBUNNEWS.COM/CHOIRUL ARIFIN
Filter oli dan filter bahan bakar merk Sakura, salah satu produk suku cadang otomotif asal Indonesia yang sukses merambah pasar ekspor di banyak negara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekspor suku cadang otomotif mobil dan sepeda motor sampai dengan 2016 menyumbang 8 persen dari total penjualan anggota Gabungan Industri Alat Mobil dan Motor (GIAMM). Angka tersebut ingin digenjot GIAMM seiring dengan perluasan pasar di 2017 ini.

“Setidaknya ada peningkatan total ekspor onderdil dan komponen otomotif dikisaran 5% untuk tahun ini. Destinasi baru yang menjadi sasaran ekspor di antaranya negara-negara di kawasan Afrika," ujar Ketua Umum GIAMM, Hamdani Dzulkarnaen Salim saat dihubungi KONTAN, Minggu (29/1).

Ekspor onderdil dari Indonesia di 2017 ditargetkan bisa menyumbang 9% dari total penjualan setelah dibukanya destinasi baru tersebut.

Selain menambah destinasi tujuan ekspor, anggotanya juga akan menambah jenis produk yang di masukkan ke pasar global. “Untuk varian produk, pelaku industri akan meningkatkan ekspor non baterai," katanya.

Peningkatan ekspor juga akan disumbang dari penjualan komponen kendaraan bermotor baik secara terurai, completely knocked down (CKD) atau kendaraan utuh alias completely built up (CBU).

GIAMM optimistis, sejalan dengan perbaikan ekonomi global dan stabilitas nilai tukar rupiah target tersebut akan mudah terealisasi.

"Kami yakin akan lebih baik kondisinya,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Produk yang paling banyak diminati oleh pasar global di antaranya adalah fast moving parts seperti baterai, filter, dan barang sejenis lainnya.

Reporter: Agung Hidayat

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas