Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

BAF Kejar Loyalitas Pelanggan Lewat 'Gebyar Hadiah 20 Tahun'

Sebanyak 90 persen dari total penyaluran pembiayaan BAF saat ini diserap produk sepeda motor Yamaha.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in BAF Kejar Loyalitas Pelanggan Lewat 'Gebyar Hadiah 20 Tahun'
ISTIMEWA
Program 'Gebyar Hadiah 20 Tahun' digelar BAF untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan meraih pelanggan baru. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Bussan Auto Finance (BAF) semakin berkibar di bisnis pembiayaan kendaraan roda dua di Indonesia. Tahun 2016 lalu BAF menyalurkan pembiayaan sebanyak Rp 5,3 triliun. 

Tahun 2017 ini, realisasi penyaluran pembiayaan BAF diproyeksikan naik 25 persen menjadi Rp 6,5 triliun. Dari target tersebut, sejak Januari sampai Agustus, sudah tersalurkan sekitar Rp 4 triliun.   

Lynn Ramli, Vice President Director BAF, Jumat (29/9/2017) menyatakan, total nasabah BAF saat ini mencapai 7 juta.

"Saat ini kami dipercaya oleh lebih dari 7 juta masyarakat Indonesia melalui layanan jasa pembiayaan yang memudahkan setiap kalangan masyarakat dalam mendapatkan kendaraan bermotor roda dua merek Yamaha, dan inovasi produk-produk pembiayaan lainnya," ujar Lynn Ramli.

Armando Lung, Marketing Director BAF menyebutkan, tantangan industri pembiayaan kendaraan roda dua saat ini adalah cenderung turunnya permintaan masyarakat terhadap sepeda motor baru. Hal itu sudah dirasakan sejak 2016 lalu. 

"Sepanjang 2016 industri pembiayaan agak stagnan dibanding 2015," ungkap Armando. Begitu juga tahun ini, tren penjualan sepeda motor nasional cenderung turun.

Selain menyalurkan pembiayaan ke sepeda motor, BAF juga menyalurkan pembiayaan untuk pembelian produk elektronik sesuai izin yang dikantongi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Armando Lung menyebutkan, saat ini non performing finance (NPF) BAF relatif rendah, hanya 0,8 persen.

BERITA REKOMENDASI

Dengan NPF yang rendah ini, BAF mendapat kekeluasaan dari OJK untuk menyalurkan pembiayaan dengan uang muka (down payment/DP) hanya 5 persen.

Sebanyak 90 persen dari total penyaluran pembiayaan BAF saat ini diserap produk sepeda motor Yamaha. Sementara sisanya ke produk elektronik dan home appliances. Dilihat dari sebarannya, 65 persen terserap oleh nasabah di Pulau Jawa yang dilayani oleh 250 outlet.

Armando menjelaskan, melalui layanan Ceria (Cepat, Ringan dan Terpercaya), selain pembiayaan sepeda motor dan produk elektronik, pihaknya juga menyalurkan pembiayaan pembelian produk alat dan mesin pertanian, furnitur sampai gadget.

Dengan dukungan induk perusahaan Mitsui Co Ltd., pihaknya juga menyediakan pembiayaan Dana Tunai Syana dan pembiayaan berbasis syariah.

Program Undian

Armando menjelaskan, untuk meningkatkan loyalitas nasabah kepada BAF tahun ini pihaknya menggelar program undian dengan mengacu pada poin yang diperoleh nasabah yang mengambil produk pembiayaan dari BAF, sekaligus perayaan 20 tahun kehadiran perusahaan ini di bisnis pembiayaan di Indonesia.

Program bertajuk 'Gebyar Hadiah 20 Tahun' ini ditjukan untuk semua pelanggan BAF baru maupun lama dengan hadiah utama 2 unit mobil Toyota Avanza, 20 unit motor Yamaha, 200 logam mulia masing-masing 2,5 gram dan 2.000 voucher belanja elektronik senilai Rp 200 ribu.

Program ini terbuka bagi pelanggan yang disetujui aplikasi pembiayaannya selama periode pengumpulan poin di September sampai November 2017.

Pelanggan yang masih aktif berhak mengikuti program ini selama periode berlangsung, dengan menggunakan sistem pengumpulan poin.

Pelanggan pembiayaan baru mendapatkan 1 poin setiap kelipatan pembiayaan senilai Rp 2 juta. Sementara, pelanggan yang masih aktif masa pinjamannya, mendapatkan 3 poin untuk pembayaran sebelum jatuh tempo dan 1 poin untuk pembayaran tepat waktu.

Proses registrasi dan rincian mekanisme program undian ini berikut pengumuman pemenangnya, bisa diakses di aplikasi BAF Mobile bisa diunduh di Google Play Store di smartphone secara gratis.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas