Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Modifikasi Aerox dengan Headlamp LED Eagle Eyes Ala Deddy Hidayat

Saat ini sudah sangat banyak produk aksesoris dan spare parts aftermarket yang bisa diaplikasikan untuk memodifikasi skutik Maxi Yamaha seperti Aerox

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Modifikasi Aerox dengan Headlamp LED Eagle Eyes Ala Deddy Hidayat
IST
Modifikasi Yamaha Aerox 155 VVA milik Deddy Hidayat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Yamaha Aerox mendominasi peserta kontes modifikasi CustoMAXI yang digelar Yamaha Indonesia bersama Gridoto.com se-Kalimantan di Kota Banjarmasin.

Dari 28 peserta di kontes babak semifinal ini, 16 peserta diantaranya merupakan peserta dengan modifikasi skutik Yamaha Aerox 155 VVA. Selebihnya sebanyak 10 peserta adalah modifikasi Yamaha NMAX dan sisanya, 2 peserta modifikasi Yamaha XMAX.

Satu diantaranya skutik Aerox modifikasi produksi tahun 2017 milik Dedy Hidayat.

Yamaha Aerox 155 VVA
Modifikasi Yamaha Aerox 155 VVA milik Deddy Hidayat.

Aerox merah marun produksi tahun 2017 berplat nomor DA 6241 BCF milik peserta Deddy Hidayat (016) ini tampil dengan modifikasi carbon printing nemo pada bodi.

Di kaki-kakinya sepasang suspensi bawaan pabrik dicopot dari roda belakang, dan dia ganti dengan aplikasi suspensi monoshock Answe Vixion yang ditanamkan di bagian tengah dengan posisi rebah dan nyaris tak terlihat dari luar.

suspensi monoshock Answe Vixion di Aerox
Aplikasi suspensi monoshock Answe Vixion di Yamaha IAerox milik Deddy Hidayat.

Untuk roda depan, Deddy Hidayat menyematkan suspensi tipe upside down dari Ohlins.

Untuk memaksimalkan pengereman, di roda belakang disematkan rem cakram RCB. Sementara, untuk rem depan diaplikasikan rem cakram NUI Racing.

BERITA TERKAIT

Agar nyaman untuk perjalanan jauh, Deddy Hidayat mendandani Aerox kesayangannya dengan suspensi depan Ohlins. Warna silver di suspensi ini membuatnya tampil sangat mechanic.

Velg Yamaha Custom Racing
Aplikasi velg Yamaha Custom Racing di Aerox milik Deddy Hidayat.

Deddy Hidayat juga mengoprex Aerox-nya ini dengan velg Yamaha Racing Custom. Sementara, di sektor mesin, Deddy mengaplikasikan cover engine dan knalpot R9 Exhaust.

Di sektor pencahayaan, Deddy memodifikasi lampu standar bawaan Yamaha dengan headlamp model Eagle Eyes.

Tak lupa, agar makin keren, Deddy menyematkan sejumlah aksesoris seperti winglet depan, cover footstep MHR silver black, cover radiator Black Diamond, cover tangki, cover speedo meter, clear windscreen, dan spion kiri kanan custom.

Suspesi upside down Yamaha Aerox
Untuk roda depan, Deddy Hidayat menyematkan suspensi tipe upside down dari Ohlins di Yamaha Aerox-nya.

Deddy mengaku ide memodifikas Aerox kesayangannya ini mengalir begitu saja dari ide di benaknya.

Secara umum, Deddy tidak menemui kendala berarti saat memodifikasi skutik ini lantaran sehari-harinya Deddy membuka usaha bengkel variasi motor di Jl Pintu Air, Martapura.

Berapa dana dihabiskan untuk memodifikasi skutik ini?

"Sekitar Rp 20 juta sampai Rp 25 juta," kata Deddy yang mengaku dananya berasal dari kantong sendiri dan tabungan dari hasil usaha bengkel modifikasinya di Martapura.

Headlamp LED Eafle Eyes
Aplikasi headlamp berteknologi LED bergaya Eagle Eyes di Aerox milik Deddy Hidayat.

Deddy menambahkan, saat ini sudah sangat banyak produk aksesoris dan spare parts aftermarket yang bisa diaplikasikan untuk memodifikasi skutik Maxi Yamaha seperti Aerox 155 VVA. Karenanya, dia memilih konsep plug and play untuk modifikasi Yamaha Aerox kesayangannya.

"Untuk bodi dasar motor, saya tidak banyak melakukan ubahan," ungkapnya.

Atas inovasi kreativitasnya ini, Deddy Hidayat diganjar penghargaan sebagai juara babak semifinal kontes CustoMAXI Banjarmasin kelas NMAX.

Bagaimana pendapat Anda?

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas