Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Lewat Workshop yang Digelar Yamaha Ini, Komunitas Motor Jadi Pintar Soal Teknik di Lintasan Balap

Materi teori yang disuguhkan mencakup circuit rule, racing suit, racing riding position, racing riding technique seperti braking dan cornering.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Lewat Workshop yang Digelar Yamaha Ini, Komunitas Motor Jadi Pintar Soal Teknik di Lintasan Balap
HO
Workshop Racing untuk Komunitas Yamaha menghadirkan pembicara pebalap senior Rey Ratukore di Sirkuit Gokart, Sentul. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisa merebut juara di pentas balapan motor memang ada kiatnya yang harus dikuasai. Itu sebabnya, Yamaha baru-baru ini menggelar workshop khusus membedah teknik belapan untuk komunitas motor di Sentul International Karting Circuit.

Workshop yang digelar akhir pekan lalu ini diisi dengan materi teori dan praktek oleh Yamaha bersama pebalap senior Rey Ratukore dan diikuti puluhan peserta dari komunitas yang tergabung di Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI), seperti klub motor Yamaha R25, Yamaha R15 dan Yamaha Aerox 155.

Mereka antusias dalam workshop yang berisikan pengetahuan bermanfaat yang bisa dipraktekkan khususnya saat ambil bagian dalam Yamaha Sunday Race dan Yamaha Cup Race.

Komunitas R Series menggeber motornya di ajang Yamaha Sunday Race dan komunitas Aerox 155 bisa tampil di kelas yang disediakan di Yamaha Cup Race.

Materi teori yang disuguhkan mencakup circuit rule, racing suit, racing riding position, racing riding technique seperti braking dan cornering.

Workshop Racing
Workshop Racing untuk Komunitas Yamaha menghadirkan pembicara dari Yamaha dan pebalap senior Rey Ratukore di Sirkuit Gokart, Sentul.

Saat praktek, para peserta menjajal trek sirkuit agar lebih memahami teknis riding balapan yang dipelajari dalam teori.

”Workshop seperti ini bagus banget dan bermanfaat buat komunitas. Kami bisa tahu pengetahuan teknis dan basic riding yang tepat dan benar. Latihan di Sirkuit Sentul kecil ini bagus juga untuk latihan stamina dan fisik, serta meningkatkan skill. Saya sendiri ikut kelas R15 Community B di Yamaha Sunday Race," ungkap Imam Fajari, salah satu peserta yang juga Ketua Umum R15 Ravens15 Jakarta.

Workshop Racing
Materi teori yang disuguhkan di workshop Yamaha Racing mencakup circuit rule, racing suit, racing riding position, racing riding technique seperti braking dan cornering.
BERITA TERKAIT

Baca: Terbang Naik Citilink, Kini Bisa Sambil Internetan Gratis

Baca: Kota Bogor Sebentar Lagi Punya Bus Pelesir, Desainnya Unik

Peserta lainnya, Iddy Lukmana dari Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) menyatakan, lewat workshop ini dirinya jadi makin tahu pengetahuan tentang riding.

"Ilmu seperti ini yang mahal nilainya. Apalagi langsung dari ahlinya dari Yamaha dan pebalap Rey Ratukore. Saya ikut kelas R25 Community B Yamaha Sunday Race, jadi buat persiapan ini sangat bermanfaat,” kata Iddy Lukmana.

Gomes dari R25 Owner Community Kaskus (ROCK) mengatakanm komunitasnya membutuhkan workshop seperti ini.

”Pengetahuan bertambah soal balapan dan safety riding juga. Dapat meminimalisir kecelakaan saat balapan di sirkuit. Sebagai pengguna R25, komunitas pun ikut bangga memakai motor produksi Yamaha Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia lewat Galang Hendra yang menang tahun lalu di World Supersport 300 di Jerez riding dengan R3,” turur Gomes.

”Saya jadi makin paham khususnya mengenai riding style dan riding position. Pengetahuan itu yang ingin saya gali lebih dalam. Apalagi hobi balap, ingin ikut Yamaha Cup Race kelas Aerox 155 buat komunitas,” imbuh Muhammad Ridwan, member Aerox 155 Riders Club Indonesia (ARCI).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas