Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

YSR 2018 Seri 2 Diikuti 211 Starter, Richard Taroreh Catat Rekor Baru 1 Menit 42 Detik

Habil Yusuf Ibrahim dari tim Yamaha R25 Owners Indonesia yang merebut pole-position dengan waktu tercepat 1 menit 58,751 detik

Editor: Choirul Arifin
zoom-in YSR 2018 Seri 2 Diikuti 211 Starter, Richard Taroreh Catat Rekor Baru 1 Menit 42 Detik
IST
Balapan R25 Com B Beginner, salah satu kelas balapan yang diikuti komunitas Yamaha R250 di Yamaha Sunday Race Seri 2 di Sirkuit Sentul. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 211 starter tampil di seri ke-2 hajatan balap motor sport paling bergengsi Yamaha Sunday Race 2018 yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu dan Minggu (5-6/5/2018) ini.

Seri 2 kali ini menghadirkan 10 kelas yang notabene didominasi kategori komunitas sekaligus wujud apresiasi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk teman-teman komunitas di berbagai daerah.

Seri 2 menghadirkan kelas baru R25 Comm B beginner yang memang diperuntukkan untuk pembalap pemula yang baru ataupun kurang berpengalaman.

Kelas ini diikuti 25 starter yang berasal dari wilayah DKI Jakarta, Jabar dan Banten. Mereka membawa nama tim YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), kemudian Cornering Indonesia, Yamaha R25 Rider Club Indonesia (YARRCI) dan YRFI.

“Yamaha selalu melakukan improve untuk mengakomodir keinginan teman-teman komunitas Seperti juga kelas R25 Comm B Beginner yang dikhususkan untuk pembalap-pembalap baru yang ingin balapan di Sentul. Jadi kita selalu meningkatkan penyajian balapan Yamaha Sunday Race dari waktu ke waktu,“ kata Kadek Suma, Divisi Motor Sports Yamaha Indonesia Motor Manufaturing (YIMM).

Perkembangan spesial terbukti berlangsung di kategori R25 Comm B Beginner. Proses edukasi dan komunikasi yang dilakukan konsisten, pada akhirnya semakin mempertajam catatan waktu.

Seperti yang dicapai Habil Yusuf Ibrahim dari tim Yamaha R25 Owners Indonesia.

BERITA TERKAIT

Dia merebut pole-position dengan waktu tercepat 1 menit 58,751 detik dengan kecepatan rata-rata 119,7 km/jam.

Saat putaran awal (1), Habil Yusuf Ibrahim mengukir waktu 2 menit 03,029 detik dan berada di deretan ke-3.

Untuk waktu tercepat saat seri pertama dipegang Rafli Yazid Erfandi yang menorehkan waktu 2 menit 02,355 detik. Jadi semakin tajam sekitar 3,6 detik. Perubahan yang sangat drastis atau luar biasa.

Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berusaha tidak sekedar menyajikan sarana balapan di Sirkuit Sentul, tapi juga menghadirkan edukasi dengan didukung fasilitas Riding Analyzer.

Baca: Gandeng IPB, Perum Perindo Akan Kembangkan Pabrik Pakan Ikan

Komunitas dapat mengetahui dan memahami dimana letak kekurangannya dalam konteks racing line, titik pengereman dan cornering. Data ini yang kemudian dipelajari dan diterapkan dalam setiap tahap balapan untuk bisa meraih catatan waktu yang lebih optimal.

Riding Analyzer
Edukasi ke pebalap di Yamaha Sunday Race seri 2 menggunakan Riding Analyzer.

Rekor Baru Richard Taroreh

Di seri 2 ini, Richard Taroreh yang menunggangi pacuan Yamaha YZF-R25 mencatat rekor terbaru di kategori Sport 250 cc Profesional Rider.

Racer asal Sulawesi Utara yang mengusung tim Yamaha Yamalube FDR NHK SSS 549 Kaboci ini mengukir waktu 1 menit 42,821 detik dalam sesi kualifikasi. Itu berbeda 1,042 detik dari rekan setimnya, Syahrul Amin yang ada di deretan ke-2.

Saat putaran awal (7 April), Syahrul Amin yang tercepat dengan menorehkan best-time 1 menit 44,447 detik. Artinya, ada penajaman yang cukup fantastis hingga 1,6 detik.

Capaian waktu ini menjadi bukti bahwa konsistensi riset yang dilakukan oleh tim memberikan hasil yang signifikan. Pada akhirnya, output yang didapat di Yamaha Sunday Race siap dibawa ke pentas balap nasional Kejurnas Sport 250 cc (IRS 2018 Sentul).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas