Tribun Otomotif

GIIAS 2018

Daihatsu Genuine Oil Bisa Digunakan Hingga Jarak Tempuh 10 Ribu Kilometer

Kedua oli terbaru dibuat dengan spesifikasi pemakaian hingga 10 ribu kilometer atau enam bulan.

Penulis: Brian Priambudi
Editor: Choirul Arifin
Daihatsu Genuine Oil Bisa Digunakan Hingga Jarak Tempuh 10 Ribu Kilometer
TRIBUNNEWS/BRIAN PRIAMBUDI
Daihatsu Genuine Oil DGO 5W-30 dan DGO 10W-40 yang diluncurkan hari ini, Sabtu (11/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali MEluncurkan dua produk genuine oil ke pasar otomotif Indonesia dengan harga kompetitif.

Service Parts Division Head PT ADM Ahmad Syaufi mengatakan, kedua oli terbaru dibuat dengan spesifikasi pemakaian hingga 10 ribu kilometer atau enam bulan.

"Sesuai dengan standar perawatan maintenance Daihatsu, oli ini dibuat dengan spesifikasi yang cukup baik dengan pemakaian 10 ribu kilometer atau enam bulan," ujar Ahmad saat diwawancara media di AEON Mall BSD, Sabtu (11/8/2018).

Menurutnya berdasarkan pemakaian kendaraan di Indonesia, dalam setahun orang Indonesia rata-rata berkendara mencapai 20 ribu kilometer.

Baca: Pertama di Indonesia, Bus Ultra High Deck Dipamerkan di GIIAS 2018

"Kalau rata-rata 20 ribu kilometer pertahun, artinya setahun dia perlu ganti oli 2 kali. 6 bulan rata-ratanya," lanjutnya.

Sementara untuk mobil yang digunakan bekerja berat seperti taksi online, Ahmad mengatakan konsumen baiknya menggunakan parameter 10 ribu kilometer untuk penggantian oli.

"Jadi kalau mobil yang bekerja berat patokannya tetap jarak, tapi kalau mobilnya diem saja nggak dipakai patokannya 6 bulan maksimal," ujarnya.

Menurutnya mobil yang jarang digunakan tetap harus mengganti olinya dalam kurun waktu 6 bulan tersebut karena jika dalam waktu 6 bulan tidak diganti endapan dari oli tersebut akan merusak mesin.

"Oli itu kalau mobilnya enggak dipakai kan ada endapannya. Oli ini dalam waktu 6 bulan akan terkontaminasi dengan udara dan air. Jadi kalau ada kandungan air dan udara pada oli dalam jumlah tertentu akan merusak mesin," jelasnya.

Sementara itu untuk angka 10 ribu kilometer, Ahmad menjelaskan angka tersebut sudah melalui riset perhitungan seperti macet, stop and go, naik-turun, jalan tol, AC, dan muatan penuh 7 penumpang.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas