Tribun Otomotif

APM: Penjualan Mobil Tahun Ini Cenderung Stagnan

Di Toyota, penjualan kendaraan komersial naik sekitar 16,4 persen dengan volume 11.088 unit atau naik tahun lalu 9.522 unit.

Editor: Choirul Arifin
APM: Penjualan Mobil Tahun Ini Cenderung Stagnan
Tribun Jakarta/JEPRIMA
Toyota Hiace masih andalan Toyota Astra Motor di segmen kendaraan niaga. 

Laporan Reporter Kontan, Eldo Christoffel Rafael

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Pada periode sembilan bulan tahun ini penjualan mobil nasional tampak masih positif. Namun beberapa Agen Pemegang Merk (APM) melihat sampai akhir tahun ini penjualan nasional justru akan stagnan.

Dari data penjualan pabrikan ke diler (wholesales) Gaikindo tercatat penjualan pada periode Januari-September 2018 sebesar 856.439 unit.

Angka ini naik 6,8 persen dari periode sama tahun lalu sebanyak 801.701 unit.

Sedangkan penjualan dari diler ke konsumen atau retail sales mencapai 851.430 unit atau naik 10,8% dari periode sama tahun lalu sebanyak 768.120 unit.

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, di tahun 2018 ini, ada tren kenaikan di segmen kendaraan komersial.

Di Toyota, penjualan kendaraan komersial naik sekitar 16,4 persen dengan volume 11.088 unit atau naik tahun lalu 9.522 unit.

"Peningkatan di sektor ini sedikit banyak dipengaruhi oleh maraknya perkembangan pembangunan infrastruktur dan juga gencarnya pariwisata dalam negeri," kata Soerjopranoto kepada Kontan.co.id, Minggu (14/10).

Baca: Keluarga Tak Terima Anak Perempuannya Digauli, Sang Pacar Dieksekusi Hingga Tewas

Namun Soerjo mengaku periode kuartal III-2018 tersebut penggerak penjualan masih dari enam model andalan. Seperti model multi purpose vehicle  (MPV) Avanza, Rush, Kijang Innova, Calya, Agya dan Fortuner.

Kombinasi model-model MPV, sport utility vehicle (SUV), dan low cost green car (LCGC) tersebut diyakini akan sama sampai akhir tahun ini. "Penjualan wholesales dan retail sales tahun ini akan mirip-mirip dengan tahun lalu tapi pilihan pelanggan makin banyak kan," katanya.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas