Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Begini Tahapan Aplikasi Nano Ceramic Coating untuk Hasilkan Efek Mengkilap di Badan Mobil

Mobil yang sudah di-coating sebaiknya jangan sering-sering membiarkannya terpapar di bawah terik matahari.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Begini Tahapan Aplikasi Nano Ceramic Coating untuk Hasilkan Efek Mengkilap di Badan Mobil
IST
Perawatan molbil BMW E46 yang sudah diaplikasikan nano ceramic coating di outlet HD Car Care Bekasi, di AXC Summareco Bekasi, Minggu (2/12/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi Nano ceramic coating dengan kandungan silica kini menjadi pilihan sebagian orang yang memiliki anggaran berlebih untuk mendandani mobilnya agar tetap tampil kinclong seperti baru.

Selain membuat cat mobil selalu terlihat cemerlang dan memunculkan efek daun talas saat terpapar hujan, aplikasi nano ceramik coating juga membuat mobil kesayangan tercegah dari paparan kotoran burung yang menempel, kotoran percikan lumpur dan air kotor jalanan hingga ancaman terkena risiko gores halus.

Beragam manfaat ini membuat nano ceramic coating banyak dipilih para pecinta otomotif meski biayanya juga tidak murah.

Lalu seperti apa tahapan aplikasi nano ceramic coating ini?

Yasca Wu, Chief Operating Officer (CEO) HD Car Care Bekasi saat ditemui Tribunnews di acara pembukaan outlet HD Car Care Bekasi, di AXC Summareco Bekasi. Minggu (2/12/2018) memaparkan, tahap pertama sebelum diaplikasikan nano ceramic coating mobil dicuci dulu sampai bersih. "Kemudian badan mobil dipoles, lalu diberikan pelindung cat. Mobil yang sudah dipoles kemudian dilapis kaca, kemudian dikunci," tutur Yasca Wu

Bahan silica pada material coating ini mampu memantulkan kilap seperti kilap kaca. "Karena menggunanakan struktur nano, kaca akan mengeras dan menempel masuk ke dalam pori-pori cat. Material coating akan nempel permanen ke permukaan cat. Makanya mobil yang sudah di-coating tidak mudah kena kotoran," jelas Yasca Wu

Dia menambahkan, larena dilapis kaca begitu kuat, asam tak akan bisa menempel ke cat. "Umur kilap menjadi lebih lama bisa bertahun tahun," tegasnya.

BERITA TERKAIT

Yasca Wu menjelaskan, setelah di-coating dengan nano ceramic, mobil mau dicuci berkali-kali juga tak ada masalah.

"Tapi tunggu dan biarkan mobil diam sampai 36 jam dulu sejak nano ceramic coating diaplikasikan. Tujuannya agar aplikasi nano ceramic coating mengeras setelah diaplikasikan. Selama pengeringan ini tak boleh dulu kena cairan kimia termasuk mencuci mobil dengan pakai sabun," jelas Yasca Wu

Aplikasi nano ceramic coating untuk satu unit mobil, diperlukan sekitar 12-14 mililiter cairan. Per botol kecil nano coating isinya 20 mililiter. 

Baca: Nano Ceramic Coating, Pilihan untuk Bikin Mobil Awet Kinclong Menawan

"Keunggulannya penggunaan bahan silica, material ini memiliki struktur partikel nano ceramic yang sangat rapat dan menjaga cat terbebas dari oksidasi dan perubahan struktur warna," ungkap Yaska Wu.

Lalu seperti apa cara perawatan mobil yang sudah diaplikasikan nano seramic coating?

" Jangan dibawa ke tempat cuci mobil atau poles mobil yang asal asalan dan sekadar ada karena khawatirnya akan mereka asal poles saja saat proses perawatan. Kualitas polesan yang kurang baik dikhawatirkan akan membuat abrasif pada permukaan cat," saran Yasca Wu. 

Baca: United Tractors Siap Rakit CKD Chassis Bus Premium Scania K360IB 4X2 di Indonesia

Selain itu, mobil yang sudah di-coating sebaiknya jangan sering-sering membiarkannya terpapar di bawah terik matahari.

Di HD Car Care Bekasi, proses pengerjaan nano ceramic coating per satu mobil memakan waktu sekitar 8 sampai 10 jam. Namun untuk mobil berjenis offroad bisa memakan waktu lebih lebih lama. Menurut Yasca Wu, HD Car Care Bekasi juga melayani permintaan perawatan mobil pasca aplikasi nano ceramic coating di kediaman pelanggan.

Baca: Hadir di Indonesia! Beli Tiket Bus Malam dan Shuttle Makin Gampang Lewat Aplikasi redBus

Paket aplikasi yang bisa dilayani di HD Car Care Bekasi ini antara lain aplikasi nano ceramic coating, total detailing, nitro seal (Polymer Wax), serta pembersihan interior kendaraan hingga ke ruang mesin.

Biaya untuk paket nano ceramic coating ini mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta tergantung dimensi dan jenis mobilnya.

Sementara, untuk biaya perawatan kendaraaan, untuk paket detailing ditawarkan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta rupiah serta paket nitro seal di kisaran Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas